Brilio.net - Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya. Itulah alasan sesama manusia sebaiknya saling menghargai, menolong, dan saling menghormati atau toleransi. Hal ini dilakukan supaya tercipta kehidupan yang harmonis, jauh dari permusuhan, serta rukun dan damai.

Sikap toleransi sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat. Toleransi dapat menghindarkan dari sifat rasisme atau diskriminasi. Karena sejatinya setiap individu memiliki hak dan kepentingan masing-masing, oleh sebab itu dengan adanya sikap toleransi manusia dapat menghargai satu sama lain.

Toleransi dalam artian yang lebih luas merupakan suatu perilaku atau sikap manusia yang tidak menyimpang dari aturan, yang mana seseorang saling menghormati dan menghargai setiap tindakan yang dilakukan orang lain selama hal tersebut masih dalam batasan tertentu. Sikap toleransi sendiri mencakup banyak bidang, salah satunya toleransi dalam beragama, saling tolong menolong tanpa memandang ras, suku, dan antargolongan.

Nah, untuk dapat memahami lebih lanjut penjelasan lengkap mengenai toleransi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/5).

 

(brl/tin)