Brilio.net - Sejatinya, manusia itu diciptakan penuh dengan perbedaan. Berawal dari perbedaan itu pula kemudian muncul toleransi terhadap sesama. Manusia adalah makhluk sosial. Manusia terlahir di dunia ini tidak sendirian. 

Seiring berjalannya waktu, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Ada yang beda suku, strata sosial, hingga agama. Jika dalam hidup ini butuh bantuan orang lain, sudah sewajarnya kamu harus bisa belajar toleransi. Hadirnya toleransi pun memberikan warna baru bagi kehidupan.

Belajar saling menghargai, kamu bisa mengerti dan memahami makna keberagaman. Saling tenggang rasa, menghargai, menghormati, dan mendukung satu sama lain. Hidup akan lebih damai tanpa adanya perpecahan. Sikap toleransi dibutuhkan agar kehidupan tanpa perpecahan. 

Simak kata-kata bijak tentang toleransi sesama manusia, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (6/8).

 

Kata-kata bijak toleransi hidup, bermakna indah. 

Kata bijak toleransi instagram

foto: Instagram/@jasacurhataman

Kamu bisa belajar toleransi mulai dari keluarga. Saat sudah beranjak besar, toleransi akan kamu dapatkan dari lingkungan.

1. "Toleransi terhadap sesama manusia adalah cara kita menghargai diri sendiri."

2. "Kemerdekaan adalah kebebasan berekspresi, mengeksplorasi, namun tetap menjaga toleransi."

3. "Persahabatan itu datangnya dari hati."

4. "Toleransi dan sikap saling menghormati harus dijunjung tinggi sebagai upaya pengendalian timbulnya kesalahpahaman."

5. "Bukan perihal disukai atau tidak disukai, tapi perihal dihargai yang penting. Mari saling bertoleransi."

6. "Toleransi diperlukan bukan hanya oleh kelompok minoritas, tapi setiap manusia. Sebab setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan kehidupan yang harmoni."

7. "Hidup ini akan indah bila kita saling menghargai satu sama lainya. Kesempurnaan hanya milik Tuhan, mari belajar saling menghargai dengan sebuah akal sempurna yang telah Tuhan anugerahkan."

8. "Hasil tertinggi dari pendidikan adalah toleransi. Karena semakin seorang paham perbedaan, dia akan paham makna kebersamaan."

9. "Lihatlah keburukan yang ada dalam dirimu, dan lihatlah kebaikan yang ada pada diri orang lain." –Ali bin Abi Thalib

10. "Berbeda pendapat itu wajar, yang tidak wajar itu jika tidak menghargai perbedaan tersebut. Mari kita saling menghargai."

11. "Hidup akan lebih tentram jika kita menjalaninya dengan penuh toleransi."

12. "Jika kamu tak menghargai dirimu sendiri, orang lain tak akan pernah menghargaimu. Jangan sampai kehilangan dirimu yang berharga."

13. "Semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin besar rasa toleransinya."

14. "Banyak orang keluar masuk dalam kehidupanmu, akan tetapi hanya sahabat sejati yang akan meninggalkan jejak kaki di sanubarimu."

15. "Dengan pemahaman akan perbedaan, kita akan menjadi peka, merasa penting adanya tenggang rasa, toleransi, dan menghargai perbedaan."

16. "Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya. Merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya." -Gus Dur

17. "Toleransi dan merayakan perbedaan setiap individu adalah api yang akan menyulut cinta abadi."

18. "Toleransi menjadi sulit ketika orang lupa bahwa beragama itu untuk mengatur diri sendiri, bukan mengatur orang lain. Banyak orang beragama yang bahkan belum menggenapi pelaksanaan nilai agama untuk dirinya sendiri tapi sibuk mengurusi perilaku orang lain."

19. "Toleransi adalah memberikan setiap hak yang sama seperti yang kamu miliki kepada orang lain."

20. "Orang yang masih terganggu dengan hinaan dan pujian manusia, dia masih hamba yang amatiran." -Gus Dur

 

Kata-kata bijak toleransi sesama manusia, eratkan hubungan. 

Kata bijak toleransi instagram

foto: Instagram/@jasacurhataman

Sebar kebaikan toleransi kepada semua orang. Kirimkan kata-kata bijak ini melalui media sosial kepada keluarga, rekan, dan sahabat.

21. "Bersaing dengan sahabat itu wajar, tetapi harus tetap saling menghormati, menghargai, mendukung, dan toleran, bukan saling menjatuhkan."

22. "Pentingkan introspeksi, bukan interpretasi. Mawas diri, bukan harga diri. Toleransi bukan arogansi. Amanah, bukan amarah. Meminta maaf, bukan meminta perhatian."

23. "Mereka yang pernah mengalami pahitnya kehidupan, akan menghargai apa itu manis."

24. "Perdamaian erat kaitannya dengan saling toleransi, mendengarkan dan memahami, serta mengurangi perdebatan yang tak perlu adalah kunci yang paling penting."

25. "Hal terindah dari persahabatan adalah memahami dan dipahami. Tanpa pernah memaksa dan ingin menang sendiri."

26. "Daripada terus memaksakan kepentingan golongan, orang yang menyuarakan toleransi harusnya mampu menyelesaikan perbedaan."

27. "Memahami agama dengan seutuhnya akan menciptakan rasa toleransi sebesar-besarnya."

28. "Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan, terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga." -Gus Dur

29. "Saya belajar diam dari banyak bicara, toleransi dari yang tidak toleran, dan kebaikan dari yang tidak baik, namun aneh, aku tidak berterima kasih kepada guru-guru tersebut." -Khalil Gibran

30. "Buktikan pada dunia bahwa persahabatan dengan penuh perbedaan bisa berjalan sampai selama-lamanya."

31. "Perbedaan itu ada justru untuk mengajarkan arti sebuah toleransi."

32. "Toleransi itu bukan hanya soal berdampingan, tapi juga soal kesejajaran."

33. "Sahabat yang baik adalah sahabat yang berani terus terang dan membetulkan kesalahan kita
agar kita tidak terus hanyut dalam dosa."

34. "Jika anak hidup dalam toleransi, ia belajar menjadi sabar."

35. "Bersikap baik terhadap seseorang yang tidak menyukaimu bukan berarti bahwa kamu berpura-pura. Itu berarti bahwa kamu cukup dewasa untuk menoleransi ketidaksukaanmu terhadap mereka."

36. "Caramu melakukan sesuatu bukanlah satu-satunya cara. Hargailah cara pandang orang lain. Kamu mungkin benar, tetapi mereka juga tidak salah."

37. "Pertemanan itu tercipta agar kita saling merangkul, melengkapi dan memperbaiki."

38. "Toleransi tidak mengartikan kurangnya komitmen pada kepercayaannya, melainkan hal itu mengutuk penindasan dan penganiayaan terhadap orang lain." – John F. Kennedy

39. "Berbeda bukan berarti tidak sanggup bersama."

40. "Orang yang toleran adalah orang yang berusaha mencari titik temu di tengah perbedaan pandangan."