Brilio.net - Banyak jenis kalimat yang telah dipelajari seperti kalimat perintah, kalimat tanya, kalimat tanggapan dan yang akan dibahas kali ini kalimat kritikan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Pada kalimat kritikan dapat disampaikan pada berbagai keadaan atau situasi. Biasanya, kalimat kritikan disampaikan ketika menghadapi permasalah dalam keadaan tertentu. Kalimat kritikan dapat diartikan sebagai penyampaian yang baik atau malah tanggapan yang buruk.

Walaupun, kritikan disampaikan dengan baik, tak sedikit yang menganggap kriting sebagai pendapat buruk. Maka penting bagi kita mempelajari kalimat kritikan agar tak terjadinya kesalah pahaman pada penyampaian kritikan.

Bagaimana pengertian kalimat kritik? lengkap dengan contohnya, simak rangkuman brilio.net (28/9).

Pengertian kalimat kritik

Kritik adalah kecaman, tanggapan, atau kupasan yang disertai uraian dan pertimbangan baik maupun buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat dan sebagainya. Kritik merupakan bentuk penilaian terhadap suatu karya secara seimbang, baik kelemahan maupun kelebihannya. Biasanya, karya yang dikritik berupa karya seni, sastra, musik, buku, maupun film. Bahkan ada yang berprofesi sebagai kritikus berbagai karya.

Kritik yang berisi pernyataan kontra pada umumnya disampaikan dengan cara yang pedas sehingga sering melukai orang lain. Maka dari itu, pentingnya memperhatikan kesopanan saat menyampaikan tanggapan atau kritikan. Terdapat beberapa ciri-ciri kalimat kritik.

Ciri-ciri kalimat kritikan

Bersifat menanggapi atau mengomentari karya orang lain. Memberitahu kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya. Setiap kritikan disertai pemberian saran. Bertujuan menjembatani pemahaman pembaca.

(brl/far)