Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar berbagai jenis kata ulang seperti kata kupu-kupu, sana-sini, burung-burung dan sebagainya. Kata ulang semu ini penting untuk memberikan penekanan kata yang bertujuan menambahkan variasi kata yang diinginkan.

Terkadang ketika kamu menuliskan suatu kalimat tertentu pasti membutuhkan kata ulang semu ini, sehingga keberadaan kata ulang semu dalam frasa di bahasa Indonesia sangatlah penting. Tujuan adanya kata ulang semu bisa memberikan penegasan terhadap bentuk kalimat yang dibuat. Selain itu, bisa menjelaskan maksud dari kalimat yang dimaksud agar pembaca atau pendengar tidak kebingungan terhadap arti kalimat tersebut. 

Untuk memahami kata ulang semu tidak sulit. Sebab, kerap digunakan dalam keseharian kita misalnya kata 'hati-hati' yang bermakna memberi peringatan pada seseorang agar lebih mawas dalam melakukan suatu tindakan. Lantas seperti apa pengertian, jenis, dan kalimat kata ulang semu itu?

Nah, untuk memahami lebih jauh tentang pengertian, jenis dan contoh kalimat kata ulang semu ini maka simak artikel ini hingga selesai, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/3).

Pengertian kata ulang semu

Contoh kata ulang semu lengkap dengan pengertiannya © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Kata ulang semu merupakan salah satu jenis kata ulang dalam bahasa Indonesia yang berdasarkan bentuknya. Menurut ahli, kata ulang semu adalah kata yang terdiri dari dua kata dasar yang sama dan diulang, sehingga menghasilkan suatu bentuk yang terdengar berbeda, namun tetap memiliki arti yang sama atau mirip dengan kata dasarnya.

Contohnya adalah kata "mata-mata", yang terdiri dari kata dasar "mata" yang diulang, sehingga menjadi kata ulang semu dengan arti "orang yang memata-matai atau pengintaian".

Kata ulang semu memiliki perbedaan dengan kata ulang sebenarnya yang terdiri dari satu kata dasar yang diulang, seperti kata "buru-buru" yang terdiri dari kata dasar "buru" yang diulang.

Pada prinsipnya kata ulang semu adalah suatu jenis kata ulang yang terdiri dari dua kata dasar yang sama dan diulang, sehingga menghasilkan bentuk yang terdengar berbeda, namun tetap memiliki arti yang sama atau mirip dengan kata dasarnya.