Brilio.net - Gabungan kata atau frasa adalah bentuk kata yang terdiri dari dua kata atau lebih yang digabungkan menjadi satu unit makna. Gabungan kata dapat membentuk kata benda, kata kerja, atau kata sifat. Dalam bahasa Indonesia, gabungan kata juga sering disebut sebagai frasa majemuk.

Gabungan kata dapat dibentuk dengan beberapa cara, antara lain dengan menggunakan kata depan, kata sambung, atau kata hubung. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gabungan kata adalah penggabungan dua kata atau lebih yang mempunyai makna baru.

Gabungan kata dapat berupa frasa majemuk, idiom, atau kata majemuk. Gabungan kata sering digunakan dalam bahasa Indonesia untuk memperkaya kosa kata dan mengungkapkan suatu ide atau gagasan secara efektif dan efisien. Contoh gabungan kata dalam KBBI antara lain "bulan madu", "tangan kanan", "jam tangan", dan "kepala sekolah".

Gabungan kata dapat membantu memperkaya kosakata dalam bahasa Indonesia dan mempermudah komunikasi antara pembicara dan pendengar atau pembaca. Namun, dalam penggunaannya, perlu diperhatikan penggunaan tata bahasa dan kaidah ejaan yang benar agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik. Berikut 35 contoh gabungan kata yang telah dihimpun brilio.net pada Selasa (14/3).