×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Beda foto Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di surat suara pilpres

View Image

0

BRILIO » Politik

Beda foto Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di surat suara pilpres

foto: liputan6.com

KPU akan mencetak 939.879.651 surat suara.

05 / 01 / 2019 10:24

Brilio.net - Pelaksanaan Pemilihan Presiden 2019 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Januari ini akan mencetak 939.879.651 surat suara bergambar kedua pasangan calon, yakni nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kedua pasangan calon pun telah resmi memilih foto mereka yang akan dipakai dalam surat suara tersebut. Ada perbedaan mencolok dalam pemilihan foto kedua pasangan ini, yakni dari segi gaya berpakaian. Seperti apa perbedaannya? Berikut ulasannya dikutip dari antaranews, Sabtu (5/1).

1. Jokowi-Ma'ruf Amin.

jokowi maruf Instagram

foto: Instagram/@m.bahrunnajach

Loading...

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memakai foto putih-putih untuk surat suara. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyebutkan pakaian serba putih yang dikenakan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dalam surat suara Pemilu 2019 lebih egaliter dan lebih menampilkan orisinalitas kedua tokoh tersebut.

"Lebih sesuatu yang original baik untuk Pak Jokowi dan untuk Kiai Ma'ruf. Era saat ini kan lebih bagaimana ekspresi yang lebih egaliter itu, saya kira pemimpin lebih dilihat dari keteladanannya bukan suatu pakaian yang dia pakai," kata Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Arya Bima.

Dalam surat suara tersebut pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mengenakan baju koko warna putih dan peci hitam, hanya foto Ma'ruf menggunakan sorban berwarna putih di pundak.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, pada dasarnya baju putih adalah kebiasaan pasangan calon nomor urut 01 ini. "Pak Jokowi suka pakai baju lengan panjang putih. Pak Kiai (Ma'ruf) sebagai ulama besar kebiasaan beliau juga menggunakan baju kokoh putih. Dan kebetulan itu maka yang dipakai berdua cocok putih-putih," katanya.

Warna putih, kata dia, tidak menyimbolkan satu agama tertentu karena semua pemuka agama identik dengan warna yang dilambangkan suci ini.

2. Prabowo-Sandiaga.

prabowo sandi Instagram

foto: Instagram/@prabowo_2019

Pasangan Prabowo-Sandiaga memilih mengenakan setelan jas untuk foto mereka di surat suara. Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, mengatakan, pasangan calon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, memilih mengenakan setelan jas lengkap untuk foto di surat suara yang sudah divalidasi mencitrakan kewibawaan. "Setelan jas mencitrakan kepemimpinan dan kewibawaan," kata dia.

Menurut sekretaris jenderal DPP Partai Berkarya ini, pemilihan jas sudah melalui diskusi cukup panjang dengan tokoh budaya dan para pakar.

"Banyak pilihan yang tersedia, termasuk pakai baju muslim atau baju adat. Ketika kami mengadakan FGD mengundang berbagai tokoh budaya dan termasuk pakar-pakar dan menyimpulkan kali ini Pak Prabowo dan Pak Sandi ingin tampil beda dengan baju yang mencitrakan kepemimpinan dan kewibawaan nasional," jelasnya.

Meski, mengenakan pakaian formal Prabowo-Sandiaga tetap mengenakan aksesoris berciri khas Indonesia yakni kopiah dan nama lengkap mengenakan gelar haji. "Tetapi harus ingat juga beliau pakai peci atau kopiah yang sangat khas, mayoritas masyarakat muslim di Tanah Air kita. Dan pakai haji juga secara sadar itu sehari-hari haji Prabowo Subianto," katanya.

Perpaduan kopiah dan jas, kata dia, merupakan perpaduan yang sangat lengkap bagi pemimpin Indonesia. "Itu sudah lengkap dan merupakan representasi yang mewakili nasionalisme keislaman karena pakai kopiah dan haji tetapi juga kewibawaan dan kepemimpinan karena pakai jas," tuturnya.

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more