Brilio.net - Mencuci tangan sudah diajarkan sejak kecil. Sering sekali kita diingatkan untuk cuci tangan sebelum makan atau setelah pulang bermain. Akan tetapi, apakah kamu sudah melakukan cuci tangan dengan benar?

Cuci tangan bukanlah aktivitas yang sepele. Kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam tubuh jika kamu tidak melakukan cuci tangan dengan tepat.

Berikut adalah cara cuci tangan yang benar sebagaimana dikutip brilio.net dari Reader’s Diggest, Selasa (7/7).

1. Waktu

Banyak dari kita yang hanya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Hal ini belum efektif untuk membunuh bakteri dan kuman. Terus berapa lama? Durasi waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah sepanjang kamu menyanyi lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.

Loading...

2. Bersihkan hingga ke bagian dalam kuku

Mencuci tangan bukan sekedar menyabun area telapak tangan. Kamu harus membersihkannya sampai bagian kuku. Banyak kuman dan juga bakteri yang bersembunyi di area tersebut. Jadi, perhatikanlah bagian kuku dengan detail saat kamu cuci tangan.

3. Keringkan

Percuma saja kamu telah mencuci tangan tetapi tidak dikeringkan. Kuman tetap akan melekat pada tanganmu ketika dalam kondisi basah. Pilihan yang baik adalah keringkan tangan dengan tisu. Hindarilah mesin pengering yang ada dekat tempat pencuci tangan.

4. Jangan hanya mencuci tangan setalah dari kamar mandi

Cucilah tangan dalam waktu tertentu. Jangan sampai kamu mencuci tangan saat ingin makan atau keluar dari toilet. Dalam aktivitas sehari-hari kita bersentuhan dengan banyak benda yang dikelilingin bakteri. Selain itu, kamu juga harus sering mencuci tangan saat musim dingin dan flu.

5. Tidak perlu air panas

Kamu tidak perlu membutuhkan air panas untuk mencuci tangan. Air dingin sebenarnya sudah bisa membunuh kuman. Asalkan kamu sudah menggosok dan mengeringkan tangan sudah benar. Jadi, sudah tahu kan cara mencuci tangan dengan benar?

BACA JUGA:

Perlu nggak sih cuci tangan meski tangan terlihat bersih?

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit