Brilio.net - Setelah seharian disibukkan dengan berbagai aktivitas sekolah, kuliah, serta pekerjaan, tidur adalah salah satu cara paling ampuh untuk memulihkan energi tubuh kita. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup serta berkualitas, tentu bisa bikin kamu kembali segar keesokan paginya. Tapi ingat, jangan asal sembarang tidur ya? Tidur menghadap samping menurut penelitian, terbukti lebih menyehatkan ketimbang terlentang atau tengkurap.

Tidur menyamping adalah posisi paling menyehatkan, begini alasannya

Penelitian ini sendiri dilakukan oleh para ilmuwan dari Stony Brook University, seperti dikutip brilio.net dari Daily Mail, Selasa (11/8). Menurut mereka, tidur dengan posisi menghadap ke samping, baik ke kiri maupun ke kanan, ternyata lebih efektif untuk membantu melancarkan proses pembersihan limbah dari dalam otak manusia.

Limbah-limbah buruk otak ini salah satunya adalah amyloid beta, yang merupakan senyawa protein yang ketika mengalami akumulasi ternyata bisa menjadi pemicu penyakit Alzheimer's, Parkinson, serta penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan saraf-saraf penting di dalam otak.

Penelitian yang juga termuat dalam Journal of Neuroscience ini dilakukan dengan menyelidiki glymphatic sytem, tempat di mana "operasi" pembuangan limbah otak ini berlangsung dengan menggunakan sebuah alat pemindai sejenis MRI. Di sana, Cerebrospina fluid atau CFC yang merupakan salah satu jenis cairan tubuh menempati ruang sub-arachnoid dan sistem ventrikular yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang digantikan dengan interstitial fluis (ISF) untuk membuang limbah tersebut.

Loading...

Lalu apa hubungannya tidur samping dengan kesehatan? Nah, proses glymphatic ini sendiri menurut hasil penelitian, terjadi secara efektif hanya saat tubuh manusia sedang tertidur dengan keadaan menyamping. Makanya, mulai sekarang biasakan untuk tidur menyamping ya? Kesehatanmu lho!