Brilio.net - Tidak hanya untuk anak sekolah saja, kemampuan mengingat juga sangat penting bagi siapa pun. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, kita sering lupa menaruh kunci motor saat kita sudah siap untuk pergi.

Tentu saja jenis lupa yang seperti ini membuang waktu dan menyebabkan emosi tingkat dewa. Untuk menajamkan memori/ingatan ada tips yang unik nih, cobalah sering memanjat pohon.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli dari University of North Florida mengungkap bahwa aktivitas memanjat pohon bisa meningkatkan kemampuan kognitif termasuk meningkatkan daya ikan sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Time, Senin (3/8). Studi ini dilakukan terhadap orang dewasa dengan rentang umur 18 hingga 59 tahun.

Sang peneliti Ross Alloway dan Tracy Alloway memberikan uji ingatan terhadap semua peserta setelah dua jam melakukan aktivitas panjat pohon. Hasil riset ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 50% terkait dengan ingatan mereka. Tentu saja angka tersebut menunjukkan hasil yang menakjubkan.

Sang peneliti menjelaskan bahwa memanjat pohon merupakan gerakan proprioceptively dynamic training. Gerakan ini bisa meningkatkan memori karena gerakan yang dilakukan saat memanjat pohon bisa membangkitkan stimulus dalam tubuh itu sendiri. Selain itu, cara seperti ini juga bisa dilakukan oleh semua kalangan tidak peduli berapa usia mereka.

Bahkan gerkan seperti ini ternyata efeknya lebih bagus terhadap kemampuan mengingat dibandingkan dengan gerakan yoga. Dalam penelitian tersebut ditunjukkan bahwa yoga gerakannya terlalu statis dibandingkan dengan gerakan tubuh saat memanjat pohon.