Brilio.net - Apakah kamu saat ini sedang bekerja sebagai pegawai atau karyawan di sebuah kantor? Kerja kantoran memang memungkinkan kamu untuk lebih banyak berinteraksi dengan rekan kerja yang punya sifat beragam

Saat bekerja bersama orang lain, kamu dituntut untuk bisa menerima dan memahami gaya teman lain yang tidak sama denganmu. Karena pastinya masing-masing orang memiliki gaya atau karakter bekerja yang berbeda-beda.

Dilansir dari Inc.com, Senin (4/1) PGi, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software telah mengidentifikasi setidaknya ada lima gaya kerja orang kantoran dan bagaimana cara untuk bisa bekerja bersama dengan orang lain, seperti berikut ini :

1. Diktator

Kamu tipe orang kantoran yang seperti apa sih? Pelajari yuk..

foto: giphy.com

Kamu sebenarnya adalah orang yang terbaik untuk kebaikan sebuah proyek bersama. Kamu tipe orang yang suka berbagi ilmu dan bersemangat untuk mendorong tim kerjamu sukses. Kamu selalu waspada, dan pribadi yang sangat detail. Orang lain sering menganggapmu "terlalu banyak" mencampuri.

Bagaimana agar bisa bekerja dengan baik dengan orang lain?

Sebaiknya kamu bisa memberi ruang untuk rekan kerja atau anak buahmu. Jangan membuat mereka selalu merasa diawasi sehingga malah tidak nyaman dalam bekerja. Bersikaplah terbuka dan mau mendengarkan pendapat orang lain.

2. Detail

Kamu tipe orang kantoran yang seperti apa sih? Pelajari yuk..

foto: giphy.com

Kamu adalah tipe pekerja yang menyukai hal-hal detail dan terperinci. Kejelianmu dalam melihat masalah adalah nilai plus yang diakui oleh teman-teman kerjamu. Namun kamu selalu cemas jika saja ada hal yang sampai terlewatkan.

Bagaimana agar bisa bekerja dengan baik dengan orang lain? Pastikan kamu tidak terlalu fokus dengan menjaga dan mengelola data. Ajaklah rekan kerja untuk bisa berkontribusi dalam setiap proyek yang kamu lakukan bersama.

3. Analis

Kamu tipe orang kantoran yang seperti apa sih? Pelajari yuk..

foto: giphy.com

Tipe analis adalah seorang yang pemikir dan detail. Bagimu data yang akurat itu penting. Sehingga kamu sering cerewet jika teman lain ada yang kamu anggap kurang teliti.

Nah, agar kamu dapat bekerja sama dengan baik dnegan rekan-rekan kerjamu kamu hanya perlu meredam idealismu yang terlalu tinggi itu. Dengarkan suara rekan kerja yang lain agar proyek yang sedang kamu kerjakan bisa berjalan lancar.

4. Pengayom

Kamu tipe orang kantoran yang seperti apa sih? Pelajari yuk..

foto: giphy.com

Kamu adalah tipe pekerja yang mandiri, hampir menguasai setiap bidang. Sehingga dengan kata lain kamu mampu menyelesaikan pekerjaanmu sendiri. Namun , kamu juga lebih senang bekerja di depan komputer dan fokus akan pekerjaanmu sendiri.  

Sebaiknya, agar kamu bisa diterima dengan baik di lingkungan kerja adalah berantusiaslah dan jangan segan-segan untuk membantu. Tawarkan apa kemampuan yang kamu kuasai. Komunikasi yang baik adalah kunci berhasilnya kerjasamamu dengan rekan kerja yang lain.

5. Siaga

Kamu tipe orang kantoran yang seperti apa sih? Pelajari yuk..

foto: giphy.com

Kamu adalah tipe orang yang selalu siap dan bersedia diterjunkan untuk bekerja di medan seperti apapun. Kamu tahu bagaimana harus bekerja dalam tim maupun saat harus bekerja sendiri. Bagimu tanggung jawab adalah nomor satu.

Tips agar berhasil menjalin hubungan baik dengan rekan kerjamu adalah pertahankan apa adanya dirimu. Terbuka pada orang baru dan hal baru juga penting. Tawarkan ide-ide solutifmu jika memang dibutuhkan dalam tim.

(brl/ani)

(brl/ani)