Brilio.net - Masih ingatkah kamu bagaimana rasanya ditolak oleh gebetan? Pasti rasanya sakit sekali dan ingin cepat-cepat melupakannya. Tahukah kamu bahwa ditolak oleh orang yang dicintai tidak hanya membuat kamu sakit hati, tetapi juga berpengaruh ke keadaan fisik? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perasaan ditolak mampu menurunkan detak jantung seseorang secara mendadak. Waduh!

Dikutip brilio.net dari Psychological Science, Jumat (24/7), riset ini dilakukan oleh ahli dari Universitas Leiden dan Universitas Amsterdam, Belanda. Dalam penelitiannya, para peneliti mengundang beberapa mahasiswa dari dua kampus yang berbeda untuk dijadikan sebagai responden. Setiap responden dari kampus X mendapatkan tugas untuk mengirimkan foto diri mereka kepada peneliti. Hal ini untuk meneliti kesan pertama.

Setelah beberapa minggu kemudian, beberapa mahasiswa dari kampus satunya (universitas Y) memilih orang-orang yang disukai berdasarkan foto yang terkumpul. Kemudian, semua responden diundang untuk ke lab untuk diuji. Dalam tes ini, responden diberikan pertanyaan apakah dia benar-benar suka dengan orang tersebut atau tidak.

Dalam percobaan tersebut, mahasiswa dari kampus X dipasangi dengan sebuah kabel pada dadanya untuk mengukur detak jantung. Detak jantung mahasiswa dari kampus X menurun ketika seseorang mengutarakan pendapat tentangnya. Bahkan, detak jantung mereka langsung turun dan susah kembali ke normal ketika seseorang mengatakan bahwa dia tidak menyukainya. Wow!

Para peneliti menyimpulkan bahwa organ yang bertugas untuk proses pencernaan dan sirkulasi terganggu saat seseorang mendapatkan penolakan secara emosional. Jadi apakah kamu juga merasakan hal yang sama ketika ditolak oleh gebetan?

Loading...

BACA JUGA:

Segeralah cari pacar, status jomblo bisa membahayakan kesehatan kamu!

Nggak melulu bikin galau kok, ini 7 keuntungan kalau kamu jadi jomblo

Cowok yang punya banyak mobil mewah dianggap susah dapat pacar!

Ragu mau PDKT sama orangtua pacar? Mudah kok, ini caranya!

Ladies, susah banget cari waktu buat ngobrol sama pacar? Ini solusinya

Pacaran beda agama? Ini hal-hal yang pasti akan kamu alami

10 Hal yang tak perlu kamu korbankan demi pacaran yang langgeng

Yakin mau pacaran sama brondong? Pikir-pikir lagi deh

Mau LDR mu sukses? Pelajari dulu nih jurus-jurusnya