Brilio.net - Sebuah hubungan asmara yang baik biasanya dilandasi oleh cinta, kasih sayang dan keinginan untuk saling membahagiakan. Jika kamu mencintai pasanganmu, kamu akan berupaya keras agar dia merasa bahagia dan nyaman di sisimu. Sebuah hubungan yang baik juga akan membuatmu termotivasi untuk menjalani hidup dan menjadi orang yang lebih baik.

Namun pada kenyataannya, berbagai masalah kerap muncul sehingga hubungan asmaramu terkadang tidak berjalan sesuai semestinya. Alhasil, energimu terkuras habis hanya untuk menghadapi masalah-malasah sepele yang seharusnya bisa diatasi dengan mudah.

Nah, jika sudah demikian, kamu harus mulai memikirkan kelanjutan hubunganmu. Karena apabila kamu berniat menjalin hubungan yang serius, kamu juga harus menemukan pasangan hidup yang mengerti kamu dan menerima segala bentuk kekurangan dan kelebihan kamu. Bukan hanya mencari-cari masalah yang justru banyak menyita waktu, energi, dan pikiranmu.

Berikut 10 hal yang tak pantas kamu korbankan hanya demi sebuah hubungan seperti dilansir brilio.net dari powerofpositivity.com:

1. Kebebasan

Loading...

Jika pasanganmu selalu ingin tahu apapun yang kamu lakukan, itu artinya dia sudah merenggut kebebasanmu. Ini merupakan tanda bahwa pacarmu seorang pribadi yang posesif dan kurang percaya diri.

Meskipun hal ini bisa dialami oleh siapapun, perilaku posesif harus segera disembuhkan jika kamu ingin berkomitmen dalam hubungan jangka panjang.

2. Dirimu sendiri

Jangan pernah mengubah dirimu sendiri hanya untuk orang lain. Orang yang benar-benar mencintaimu akan mencintai segala bentuk kekuranganmu dan tidak ingin mengubahmu. Karena pada dasarnya, dia memang sudah menyukai sifat otentik yang ada dalam dirimu.

3. Kebahagiaan

Jika kamu tidak pernah merasa bahagia ketika menjalani hubungan asmara, kenapa harus dilanjutkan? Tujuan utama menjalin sebuah hubungan adalah mencari kebahagiaan. Jadi, seandainya tujuan hubunganmu tersebut tidak tercapai, kamu tidak perlu mengorbankan waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak kamu inginkan. Bener kan?

4. Kesenangan

Jika kamu tidak pernah bosan untuk menghabiskan waktu bersama kekasihmu, seperti tertawa, jalan-jalan, dan makan dengannya, itu artinya kamu benar-benar menikmati momen bersamanya. Seiring berjalannya waktu, setiap hubungan kelak akan menghadapi berbagai cobaan. Tapi jika kamu malah semakin tertekan terhadap perbedaan tersebut, sebaiknya kamu mulai berintrospeksi diri. Mungkin ada sesuatu yang salah dengan hubunganmu.

5. Impian

Hubungan yang ideal sudah semestinya saling menguatkan dan mendukung satu sama lain. Ketika kamu punya impian setinggi langit, pasanganmu akan dengan senang hati mendukung cita-citamu itu. Tidak peduli bagaimanapun caranya dan sesulit apapun rintangan yang akan menghadangmu, pasanganmu akan selalu percaya terhadap impianmu itu.

6. Kedamaian jiwa

Seorang pasangan ideal mampu membuat orang yang dia cintai merasa damai dan tenang berada di sisinya dan melupakan segala bentuk persoalan dalam hidupnya. Namun jika kekasihmu justru membuatmu sering merasa cemas, gelisah, atau marah, hal itu akan melemahkan getaran-getaran cintamu kepadanya dan memicu energi negatif yang dapat berdampak buruk terhadap kelanjutan hubunganmu.

7. Tantangan baru

Mencoba tantangan baru dalam hidup memang sesuatu yang mengasyikkan. Namun jika ternyata pasanganmu terlalu protektif dan membatasi dirimu untuk mengeksplorasi tantangan baru, hal itu secara perlahan-lahan dapat mengikis kebahagiaanmu.

Pasangan yang baik akan mendukungmu meski terkadang langkah tersebut memiliki risiko yang sangat berat. Tapi dengan segala bentuk tantangan yang bakal kamu hadapi, kamu akan menjadi pribadi tangguh dan tahan banting.

8. Hubungan lain

Hubunganmu dengan teman atau keluarga tidak harus dikorbankan hanya demi hubungan asmara. Jika pasanganmu seringkali melarangmu untuk menjalin persahabatan dengan orang lain, bisa dikatakan dia sudah mengarah ke sifat posesif yang dapat membahayakan hubunganmu.

Pasangan idaman akan memberimu ruang untuk menjalin hubungan dengan siapapun, tak terkecuali dengan teman, saudara, dan keluarga.

9. Agama

Beberapa orang terpaksa berganti agama hanya untuk pasangan mereka. Tapi kamu tidak perlu melakukan hal itu hanya untuk membahagiakan pasangan atau agar hubunganmu direstui oleh kedua keluarga. Tidak ada hubungannya antara agama dengan jalinan asmara. Yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan keimananmu dan mudah-mudahan kamu diberi pasangan yang sesuai dengan keyakinanmu.

10. Komunikasi

Setiap hubungan membutuhkan komitmen yang mendalam untuk saling memahami pikiran dan perasaan. Hubungan yang baik juga saling menghargai satu sama lain. Perbedaan seakan menjadi bumbu-bumbu penyedap untuk membuat hubungan semakin terasa istimewa. Jika komunikasi yang kamu bangun dengan pasanganmu bagus, niscaya segala bentuk perbedaan akan dengan mudah teratasi.