Brilio.net - Perusahaan kosmetik Thailand mencabut video iklan pemutih wajah setelah menimbulkan kontroversi di media sosial. Iklan untuk produk "Snowz" yang menampilkan bintang film terkenal Thailand Chris Horwang mengklaim kulit putih adalah kunci kesuksesan.

"Menjadi putih, kamu akan menjadi pemenang," demikian sugesti dalam iklan Seoul Secret dikutip brilio.net dari dailymail, Sabtu (9/1). Kulit pucat atau putih sangat dihargai di Thailand, khususnya oleh wanita dan dihubungkan dengan kedudukan tinggi di masyarakat.

Kulit lebih gelap dan kecokelatan dikaitkan dengan orang kelas bawah, yang bekerja di ladang. Iklan tersebut kemudian menjadi kontroversial karena menampilkan wajah hitam yang disertakan dalam iklan. Foto itu dianggap rasis.

Beberapa anggota forum berbahasa Thailand, Pantip.com, kecewa dan marah. "Saya baik-baik saja berkulit gelap dan sekarang kamu bilang saya kalah? Hai? Apa?" kata salah satu anggota forum. "Menyatakan orang dengan kulit gelap pecundang adalah rasis," kata pengguna lain.

Loading...

"Kegilaan orang Thailand pada kulit putih meracuni otak lagi," kata Kaewmala di Twitter. Video itu dihapus dari YouTube pada Jumat.

Wattanapak Jinsirivanich, direktur pelaksana Yulihan Grup (Thailand), perusahaan pembuat bahan kecantikan Seoul Secret, meminta maaf dan mengatakan iklan itu tidak bermaksud memicu silang pendapat.

"Kami tidak bermaksud membuat masalah ini," katanya, "Kami minta maaf dan akan memperbaikinya," katanya, "Pesan kami adalah rawatlah diri Anda dan terus melakukannya."