Brilio.net - Asam jawa adalah salah satu bahan yang biasa dicampurkan sebagai bumbu masakan atau bumbu ikan agar menghilangkan bau anyir yang ada pada ikan. Buah dari pohon asam ini juga digunakan dalam banyak masakan India. Tapi apakah kamu pernah mendengar tentang manfaat asam jawa untuk kecantikan kulit? Ya, asam jawa ternyata sudah digunakan untuk merawat kulit sejak puluhan tahun. Bahkan sudah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan di banyak bagian dunia.

Tak heran, perawatan kecantikan dengan asam jawa terbilang sebagai cara alami dan tentunya aman serta murah. Ditambah lagi asam jawa mengandung vitamin, antioksidan dan mineral yang baik untuk memelihara dan membersihkan kulit dan rambut. Akan tetapi buat kamu pemilik kulit sensitif, menggunakan asam jawa tak disarankan karena kadar asam yang tinggi. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah asam jawa cocok dengan kulit kamu. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengecek terlebih dahulu di kulit bagian belakang telinga untuk mengetahui reaksinya.

Lantas apa saja manfaat menggunakan asam jawa untuk merawat kecantikan kulit? Brilio.net sudah merangkumnya dari Boldsky, Sabtu (14/11), khusus buat kamu yang tertarik untuk mencoba! Simak yuk!

1. Mencerahkan kulit

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Manfaat paling utama dari asam jawa ini sendiri adalah bisa mencerahkan kulit. Jika kamu ingin mencobanya, rendam beberapa asam dalam air panas hingga berubah menjadi ekstrak. Tambahkan bubuk kunyit dan oleskan pada wajah secara merata. Tunggu sekitar 10 menit, setelah itu cuci wajah hingga bersih. Ulangi cara ini setidaknya dua kali seminggu agar kulit terlihat berseri.

2. Menghilangkan selulit

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Jika kamu telah mencoba segala cara untuk menyingkirkan kulit tapi berujung sia-sia, coba lakukan cara alami ini. Ambil beberapa ekstrak asam, tambahkan perasan satu sendok lemon dan gula di dalamnya. Jangan lupa taburkan baking soda dalam ramuan. Gosok kulit dengan sikat yang dicelupkan ke dalam campuran ini.

3. Mengelupaskan kulit dari sel-sel mati

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Asam jawa mengandung alpha-hidroksil-asam yang merupakan bahan yang baik untuk mengelupaskan kulit dari sel-sel mati. Inilah sebabnya mengapa asam memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang terjebak di pori-pori. Ambil beberapa ekstrak asam, dan sesendok garam, aduk rata, oleskan perlahan pada wajah dengan menggunakan jari. Setelah beberapa menit, semua sel kulit mati akan hilang dan wajah akan terlihat bersih.

4. Memutihkan kulit wajah

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Campurkan madu dan lemon dalam ekstrak asam yang kemudian dijadikan jus. Oleskan merata pada kulit wajah dan cuci setelah 12 menit. Kulit akan terlihat lebih putih dan cerah.

5. Mengatasi rambut rontok

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Rambut rontok berarti kamu harus memperkuatnya. Asam jawa bisa jadi pilihan yang tepat. Pijat kulit kepala dengan asam jawa yang sudah diekstrak dan letakan kain yang telah dicelupkan ke dalam air panas. Setelah 15 menit, cuci rambut dengan shampo.

6. Mencerahkan daerah kulit yang gelap

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Bila kamu memiliki kulit yang gelap di sekitar leher, cobalah cara alami ini. Campur beberapa air mawar dan madu dalam ekstrak asam. Gunakan campuran tersebut pada daerah kulit yang gelap dan basuh dengan air setelah 15 menit.

7. Memperlambat penuaan dini

Khasiat asam jawa untuk kecantikan, bikin kulitmu halus & cerah!

Asam jawa mengandung vitamin, serat, asam dan antioksidan, yang berfungsi untuk menyehatkan kulit dan mencegah penuaan. Caranya, campur asam jawa dengan madu, aduk rata, gunakan secara teratur di bagian yang mengalami penuaan dini.