Brilio.net - Banyak sekali memang trik yang digunakan para sineas untuk membuat karyanya melejit. Selain promosi yang gencar, pemilihan adegan juga sangatlah penting.

Salah satunya adalah dengan menampilkan anjing pada filmnya. Kelihatannya memang tidak ada hubungannya, akan tetapi, sebuah studi menyebutkan bahwa film yang menggunakan anjing dalam salah satu scene-nya ternyata mampu meningkatkan kesuksesan film tersebut sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari jurnal PLOS ONE, Senin (17/8).

Studi ini dilakukan oleh para ahli dari Bristol University, City University of New York, dan Western Carolina University. Semua ahli tersebut berkolaborasi untuk menganalisis 87 film yang melibatkan adegan anjing di dalamnya. Ternyata hasilnya sangat bervariasi dan tergantung gaya hidup atau tren yang berkembang.

Studi tersebut menyebutkan bahwa kesuksesan film ternyata diikuti oleh pengadopsian jenis/spesies anjing yang diperlihatkan dalam film tersebut. Sebelum tahun 1940, setiap tahun hanya ada satu film yang melibatkan anjing yang dirilis. Akan tetapi, pada tahun 2005, rata-rata per tahun film yang dirilis mencapai tujuh buah.

Yang mengejutkan dari temuan ini adalah lebih dari 800.000 spesies anjing didaftarkan karena sebuah film. Bahkan hal itu berlangsung meski filmnya sudah dirilis sepuluh tahun yang lalu. Bahkan banyak jenis anjing baru muncul karena terinspirasi dari sebuah film.

Loading...

Meski begitu, tren ini tidak bisa dipertahankan dalam waktu yang lama. Banyak sekali film yang mempertontonkan adegan anjing yang ternyata tenggelam. Hal ini dikarenakan faktor persaingan film itu sendiri, serta televisi, dan juga perkembangan internet.