Brilio.net - Indonesia itu memang kaya akan sumber daya alamnya baik dari tambang, perkebunan hingga bahan makanan yang melimpah ruah. Tak heran jika produk makanan asli Indonesia pun banyak yang terkenal hingga ke mancanegara dan diburu para bule.

Sebut saja salah satu contohnya Indomie. Mi instan buatan PT Indofood ini sukses melalang buana di berbagai belahan dunia dan menjadi makanan favorit berbagai negara. Nah, asal kamu tahu, ternyata tak hanya Indomie saja yang terkenal, beberapa produk makanan ini bahkan sering kamu salah kira buatan luar karena memakai bahasa asing, padahal sebenarnya asli Indonesia lho.

Dan hebatnya produk-produk itu sudah banyak yang diekspor ke luar negeri. Apa saja produk tersebut? Berikut rangkumannya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/11):

1. Hoka-Hoka Bento

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: only1ivy.blogspot.com

Hah, Hoka-Hoka Bento bukannya Jepang? Eits, kamu salah besar. Restoran fast food yang lebih kerap disebut Hokben ini merupakan perusahaan asli Indonesia. Meski memakai nama Jepang yakni bento, tapi tetap saja untuk pengelolaan bahan dan kokinya semua asli Indonesia. Hokben berdiri di bawah PT Eka Bogainti pada tahun 1985.

2. Aqua

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: vemale.com

Semua orang Indonesia pasti tahu merek satu ini. Bahkan saking akrabnya semua orang Indonesia sudah menyebut air minum pun sebagai Aqua. Padahal asal kamu tahu pendirinya zaman dulu, Tirto Utomo sempat ragu dengan usul rekannya yang menggunakan kata Aqua karena terdengar sangat asing dan tidak lekat di telinga Indonesia. Meski begitu, Tirto tetap menggunakan nama Aqua dan mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi pada tahun 1973 lalu disusul dengan pabrik keduanya di Pandaan, Jawa Timur pada 1984.

Sayang karena krisis yang menimpa Indonesia pada tahun 1998 membuat Lisa Utomo, istri Tirto menyetujui ide akuisisi Aqua oleh perusahaan asal Prancis, Danone.

3. Mister Burger

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: misterburger.co.id

Kamu sering dong, lihat berbagai outlet Mister Burger di beberapa kota? Mungkin yang ada di benakmu, perusahaan ini pasti besutan Amerika Serikat deh, apalagi makanan utama yang disajikan burger. Ya kan? Padahal sebenarnya Mister Burger itu asli Indonesia lho. Mister Burger pertama didirikan pada tahun 1995 di Yogyakarta dan terus berkembang menjadi puluhan outlet di berbagai kota di Indonesia. Keren kan?

4. J.CO

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesia

foto: twitter.com

Jika kamu sering nongkrong di mal pasti akrab dengan produk satu ini. Ya produk itu adalah J.CO Donuts dan Coffee. Hampir di setiap mal selalu ada, bahkan terkadang popularitasnya hampir menyamai Starbucks dan Dunkin Donut. Nah, jika kamu berpikir kalau J.CO buatan luar, itu salah besar! J.CO pertama didirikan oleh Johnny Andrean di Lippo Karawaci, Jakarta pada tahun 2005. Kini J.CO terus berkembang dan berhasil membuka cabangnya hingga ke Malaysia dan Singapura.

5. SilverQueen

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesia

foto: silverqueensantai.com

Kamu para muda mudi pasti deh akan memburu cokelat ini pas valentine. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau Silverqueen ini ternyata asli produk Indonesia? Pabrik pertamanya bukan di Jakarta, tapi di Garut dan kemudian sekarang berada di Bandung. Dan pasti kamu nggak menyangka kalau Silverqueen ini sudah berdiri sejak tahun 1956.

6. La Fonte

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: bogasari.com

Jika kamu pecinta pasta dan ingin yang praktis pasti larinya akan ke produk La Fonte, ya kan? Ya, La Fonte merupakan produk makanan pasta instan. Mungkin kamu pernah berpikir La Fonte adalah produk buatan luar atau Italia. Weits, salah! La Fonte itu asli Indonesia lho, tepatnya di bawah PT Bogasari. La Fonte ini tak hanya terkenal di Indonesia saja tapi juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Filipina, Korea, Hongkong, Thailand dan Malaysia.

7. Chocolatos

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: garudafoodinternational.com

Sama dengan La Fonte, Chocolatos sering dikira buatan Italia. Wajar sih, karena iklannya yang dibuat bak makanan Italia. Padahal Chocolatos itu asli buatan Indonesia, tepatnya berada di bawah perusahaan PT Garuda Food yang berlokasi di Pati, Jawa Tengah.

8. Chiki, Chitato, Cheetos

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: indofoodcbp.com

Siapa sih yang nggak kenal snack semacam Chiki, Chitato atau Cheetos? Pasti semua tahu dong. Namun kalau dilihat dari namanya kamu pasti sempat mengira kalau snack ini asli luar negeri. Padahal mereka juga asli buatan Indonesia. Ya, snack-snack di atas itu adalah salah satu produk andalan PT Indofood Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1968.

9. Richeese

9 Produk makanan berbahasa asing ini ternyata asli ciptaan Indonesiafoto: nabatisnack.co.id

Pecinta keju pasti juga sudah akrab dengan makanan ringan renyah ini. Bahkan saking terkenalnya sampai punya restoran sendiri lho! Ya, siapa lagi kalau bukan Richeese. Banyak orang yang sebelumnya mengira Richeese adalah produk luar, meskipun sebenarnya Richeese itu asli Indonesia. Richesee merupakan produk andalan dari PT Kaldu Sari Nabati Indonesia yang didirikan di Bandung pada tahun 2002.

(brl/gib)

(brl/gib)

(brl/gib)

(brl/gib)