Brilio.net - Makeup nggak hanya ampuh bikin wanita jadi makin cantik tapi juga bisa menambah rasa percaya diri. Tapi, saat merias wajah, tak jarang banyak wanita yang masih melakukan kesalahan dan justru malah membuat wajah dan penampilan jadi lebih tua.

Apa saja kesalahan tersebut? Brilio.net sudah mengumpulkan beberapa kesalahan paling umum dalam penggunaan makeup seperti dilansir dari Genius Beauty, Selasa (28/7).

1. Foundation terlalu tebal

Banyak wanita mengaplikasikan foundation dengan tebal untuk menutupi kekurangan pada wajah. Namun ternyata foundation yang tebal justru akan membuat wajah terlihat aneh dan tampak lebih tua. Ditambah lagi, selama bertahun-tahun kulit kita menjadi lebih tipis, jadi kalau kamu menggunakan terlalu banyak foundation, kulit wajah akan terlihat sedikit kendor. Sebaiknya aplikasikan foundation secara tipis dan merata dengan menggunakan sponge atau tangan untuk hasil makeup yang lebih baik.

2. Memakai lipstik warna hitam dan mencolok

Loading...

Semakin bertambahnya usia, bibir kita menjadi lebih tipis. Lipstik warna hitam membuat bibir jadi terlihat kurang subuh. Untuk makeup sehari-hari, sebaiknya hindari warna yang terlalu terang atau terlalu gelap. Sebaiknya pilih warna-warna yang ringan dan lembut seperti soft pink untuk tampilan yang lebih natural.

3. Menggunakan eyeshadow dengan manik-manik

Meskipun eyeshadow dengan manik-manik terlihat sangat menarik tapi ini adalah kesalahan makeup. Karena bisa menekankan keriput di sekitar mata. Jenis makeup ini lebih cocok untuk wanita muda dan para gadis. Sebaiknya pilih eyeshadow warna terang mendekati warna kulit seperti peach, taupe, atau cokelat muda agar tampilan riasan selalu natural dan wajah menjadi lebih muda.

4. Blush on warna coklat

Faktanya kulit akan semakin kendor seiring bertambahnya usia, sedangkan pipi akan tampak cekung. Menggunakan bronzer atau blush on warna coklat hanya akan memperkuat efek ini.

5. Penyalahgunaan concealer

Kekurangan mata sering ditutupi dengan penggunaan concealer. Tapi jangan berlebihan karena akan menonjolkan keriput, terutama daerah sekitar mata. Cukup sapukan concealer secara tipis dengan kuas pada area wajah yang gelap seperti lingkaran hitam pada mata.