Brilio.net - Jerawat memang mengganggu penampilan, ya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat, yaitu make up, stres, dan makanan.

Kalau bicara soal makanan, kamu bisa lho, meminimalisasi timbulnya jerawat dengan beberapa makanan. Berikut dilansir brilio.net dari laman A2Z Lifestyles, Sabtu (4/7), makanan-makanan tersebut.

1. Air putih

Ya, air putih memang jempolan untuk mencegah timbulnya jerawat, setidaknya mengurangi munculnya jerawat. Dengan minum air secukupnya, racun dalam tubuh bisa terusir dan memberikan kebaikan bagi sel-sel tubuh. Kulitmu pun menjadi sehat, termasuk kulit wajah.

2. Makan makanan herbal

Loading...

Kamu bisa mencegah timbulnya jerawat dengan makanan dengan cita rasa kuat, seperti cabai rawit, paprika merah, mint, rosemary, dan herbal lain yang rendah kandungan sukrosa atau gula.

3. Pilih makanan kaya vitamin A

Kalau kamu ingin terhindar dari jerawat, kamu bisa perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A dan air, misalnya mentimun atau wortel. Mentimun menyediakan banyak air yang bagus untuk kulit dalam melawan jerawat. Untuk penggunaan luar, potongan mentimun bisa mengurangi nyeri dan peradangan yang disebabkan jerawat. Kalau wortel, dapat membantu mendetoksifikasi kulit dari racun.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk mencegah datangnya jerawat. Kamu bisa memasaknya dengan telur, sesuai seleramu.

5. Apel

Apel mengandung pektin yang bisa mengatasi jerawat. Pektin sendiri merupakan serat yang ditemukan pada buah. Saat ingin mencegah jerawat, pastikan kamu makan dengan kulit apel, ya. Pasalnya pada kulit apel lah banyak terkandung pektin.

6. Cokelat hitam pahit

Cokelat hitam pahit dipercaya memiliki banyak antioksidan dan membantu kulit tetap aman dari kerusakan yang dilakukan radikal bebas. Maka, kalau tidak mau berjerawat, kamu bisa mengonsumsi cokelat jenis ini.

7. Raspberry

Buah merah ranum ini mampu memiliki kandungan serat, vitamin, dan antioksidan. Selain itu mengandung phytochemical, yang melindungi kulitmu bebas dari jerawat.

8. Semangka

Semangka dapat menghilangkan jerawat karena kaya dengan vitamin A, B, dan C. Selain itu bisa menjaga kulit tetap kenyal, lembut, segar, dan berseri. Semangka juga bisa meringankan bekas luka jerawat secara perlahan.

9. Buah kenari

Minyak dari buah kenari ini memiliki asam linoleat, yang berfungsi menjaga kulit kenyal dan mencegahnya mengalami dehidrasi dari waktu ke waktu.

10. Jus lemon

Lemon bisa menjaga kesehatan organ hatimu. Selain itu, buah asam ini mengandung asam sitrat yang bisa menghilangkan racun dalam darah. Selain itu, lemon juga bisa mengatasi pori-pori memerah dan menjaminnya bebas dari jerawat.

Nah, ladies, siap mencobanya?

BACA JUGA:

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran