Brilio.net - Pagi hari saat mandi hal pertama yang kamu lakukan adalah sikat gigi dan mencuci muka. Apalagi biasanya banyak orang yang terburu-buru untuk berangkat kuliah atau ke kantor, sehingga cuci muka dilakukan dengan cara sederhana. Cukup memakai scrub dan air bersih. Tapi, menurut para ahli saat mencuci muka kamu perlu melakukannya dengan penuh perhatian supaya bisa menghindari kesalahan mencuci wajah.

Loh, segitunya ya cuci muka aja bisa salah? Ya, ketika hal itu terjadi, maka jerawat bisa timbul atau justru semakin parah. Nah, berikut ini beberapa kesalahan mencuci wajah yang brilio.net rangkum dari Boldsky, Jumat (10/7).

1. Tangan yang kotor

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat membersihkan wajah adalah membiarkan tangan kamu dalam kondisi kotor. Jika kamu tidak mencuci tangan sebelum mencuci wajah, sama saja dengan kamu tidak benar-benar membersihkan wajah dengan benar. Dengan kondisi tangan yang kotor, semua kotoran, minyak dan bakteri di tangan dapat dengan mudah pindah ke wajah kamu. Oleh karena itu, mencuci tangan terlebih dahulu adalah hal yang penting ketika membersihkan wajah.

2. Pembersih yang salah

Loading...

Kesalahan umum yang sering dibuat adalah menggunakan pembersih muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Ketika masuk ke toko, mata kita sudah terbuai dengan produk pembersih yang mewah. Meskipun mungkin akhirnya memilih pembersih yang mahal, banyak orang tidak menyadari jenis kulit wajahnya dan tetap menggunakan pembersih yang salah.

Selain mengenali jenis kulit kita sendiri, perhatikan juga bagaimana reaksi kulit kamu setelah dibersihkan. Jika kulit terasa kering dan tidak merasa bersih setelah mencuci wajah, mungkin kamu perlu beralih ke pembersih wajah yang lain.

3. Menggunakan air panas

Saat mandi, banyak dari kita yang selalu ingin menggunakan air panas. Mencuci wajah pun dilakukan dengan membalas dengan air panas, padahal ini adalah kebiasaan yang salah. Para ahli menyatakan bahwa air panas itu tidak baik untuk kulit karena menyebabkan penuaan dan pori-pori membesar. Suhu air terbaik saat membersihkan wajah sebenarnya dengan menggunakan air hangat. Jika kamu menggunakan air yang terlalu panas dapat mengeringkan kulit. Sedangkan air yang terlalu dingin dapat merusak pembuluh kapiler pada wajah.

4. Terlalu banyak mengalami eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah bagian utama dari rutinitas perawatan kulit. Tapi, jangan terlalu sering atau jarang melakukannya. Karena kulit bisa teriritasi dan membuat minyak alami kulit terlalu banyak terangkat yang memicu kering, menyebabkan keriput dan kulit jadi kendur. Sedangkan bila sangat jarang melakukan eksfoliasi, maka yang terjadi adalah wajah jadi kotor dan kasar karena sel kulit mati yang terlalu banyak menumpuk.

Eksfoliasi yang benar sebaiknya dilakukan sekali atau paling banyak dua kali dalam seminggu. Malam hari adalah waktu yang ideal untuk proses pengelupasan kulit, karena pada malam hari kulit kamu akan menghasilkan sel-sel kulit baru.

5. Membilas kurang bersih

Setiap kali kamu mencuci muka, cobalah perhatikan hal sederhana yang satu itu. Karena banyak dari kita sering membersihkan muka tanpa membilasnya dengan bersih. Meninggalkan sabun pada kulit dapat mengeringkan dan iritasi wajah. Kamu harus membilas sabun muka dengan air mengalir sampai wajah kamu terasa lembut. Sama halnya, saat kamu membersihkan riasan di wajah, kulit kamu masih tetap perlu dibilas setelahnya untuk menyingkirkan sisa riasan yang benar-benar belum terangkat.

6. Menggunakan handuk yang keras

Kalau kamu menggunakan handuk yang keras untuk menyeka wajah setelah mencuci muka, berhentilah melakukannya sekarang. Handuk yang keras menyebabkan lecet pada wajah yang sering menyebabkan bekas luka yang mendalam. Hindari kesalahan ini setelah mencuci wajah ya.

BACA JUGA:

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran