Brilio.net - Tubuh kita memiliki sistemnya sendiri. Semua itu berjalan natural sebagaimana mestinya. Lalu, apa jadinya kalau sesuatu yang berjalan itu kita paksa untuk ditahan-tahan?

Berikut beberapa hal yang seharusnya tidak boleh kamu tahan dan penjelasannya, dikutip brilio.net dari laman Weird Worm, Jumat (26/6):

1. Menahan kentut

Kesan orang kentut itu memang iuh banget. Tapi kalau kamu tahan ada dua pendapat. Pertama, menurut Levitt, ahli gastroenterologist, gas metana dari kentut bisa meningkatkan racun darah yang bisa meracuni kamu. Woh!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kedua, dokter lainnya menyatakan bahwa kentut tidak akan meracunimu karena dia elemen alami isi usus kamu. Kalaupun kamu menahan kentut, kamu akan mengalami perut kembung. Untuk solusinya, lebih baik kamu minggir sejenak dan buang gas daripada berisiko bagi kesehatanmu dan menghindari rasa malu.

2. Menahan bersin

Beberapa orang mungkin menahan bersin dengan memencet hidung sekaligus menutup mulut mereka. Tahukah kamu apa bahayanya?

Salah seorang dokter dari University of Alabama menyatakan bahwa dengan menjepit hidung dan menutup mulut kala bersin bisa memaksa bersin itu masuk ke dalam tuba eustachius (yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan ke telinga tengah) dan kemudian ke gendang telinga kamu. Lebih bahaya lagi kalau bersin cukup kuat bisa mengancam pecahnya gendang telinga, sehingga terasa nyeri akut, infeksi, pendarahan, dan bahkan gangguan pendengaran.

Pada dasarnya memencet hidung kala bersin, membuat udara tertiup kembali ke dalam hidung. Bersin itu seperti manuver Valsava, yang mungkin kamu kenal dengan fungsinya untuk mengurangi rasa sakit di telinga. Tapi kalau manuver ini terhambat, maka bisa meningkatkan tekanan darah ke jantung. Hal ini bisa berbahaya pada pembuluh darah.

3. Menelan kembali muntah

Mungkin bukan alasan medis yang serius seperti menahan bersin dan kentut ya, guys. Namun menelan kembali muntah atau menahan-nahannya, bisa menimbulkan akibat yang nggak kamu inginkan. Misalnya saja menahan muntah detik ini sebelum pergi kencan. Nanti saat kencan, kamu muntah. Nggak lucu, kan?

4. Kondisi 'blue-ball'

Kalau ini terkait para kaum pria. Pria yang sudah dalam kondisi ingin mengeluarkan cairan kejantanannya, bila ditahan bisa membuat aliran darah ke penis dan testikel menjadi berlebihan, akhirnya membengkak. Kondisi inilah yang membuat skrotum kebiruan akibat darah di sana kehilangan oksigen. Jadi harus gimana boys, menurutmu?

5. Menahan kencing

Kalau kamu menahan kencing terlalu lama bisa melemahkan otot-otot dinding kandung kemih. Untuk perempuan, menahan kencing dalam waktu lama bisa berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih. Wah!

Nah, guys, jangan ditahan-tahan lagi, ya. Kesehatanmu lho!

HOT HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

BACA JUGA:

Nggak melulu bikin galau kok, ini 7 keuntungan kalau kamu jadi jomblo

Cowok yang punya banyak mobil mewah dianggap susah dapat pacar!

Ragu mau PDKT sama orangtua pacar? Mudah kok, ini caranya!

Ladies, susah banget cari waktu buat ngobrol sama pacar? Ini solusinya

Pacaran beda agama? Ini hal-hal yang pasti akan kamu alami

10 Hal yang tak perlu kamu korbankan demi pacaran yang langgeng

Yakin mau pacaran sama brondong? Pikir-pikir lagi deh

Mau LDR mu sukses? Pelajari dulu nih jurus-jurusnya

(brl/gib)