Nggak bisa bohong deh, seiring berjalannya waktu pasti akan diikuti perubahan zaman. Nggak cuma arti kata di kamus Oxford yang setiap hari berubah arti. Bahkan bermunculan kosa kata baru, teknologi sampai kebiasaan orang-orang di sekeliling kita pun sadar nggak sadar, peduli nggak peduli, mau atau nggak, pasti akan mengalami perubahan bahkan yang drastis sekalipun.

Buat kamu yang ngakunya anak 90an, coba deh bayangin diri kalian 10 sampai 15 tahun yang lalu, bandingin dengan keadaan sekarang terutama bagaimana pengaruh perubahan zaman terhadap hidup kamu. Yang paling gampang soal bagaimana kamu bersosialisasi deh. Ketika bertemu, kalau dulu kalian menghabiskan waktu ngobrol ngalur ngidul, sekarang mah pada sibuk sendiri dengan gadget. Nyesek? Yah, mau gimana lagi. Ya, time flies, people changed!

Berikut ini 27 gambar ilustrasi yang menggambarkan kondisi dahulu dan sekarang, yang kalau dilihat lagi pasti bikin geleng-geleng kepala sambil senyum-senyum sendiri, seperti dirangkum brilio.net dari BoredPanda, Sabtu (4/7).

1. HP zaman dulu kalau jatuh, lantainya yang pecah. Smartphone sekarang kalau jatuh, ya layarnya yang hancur berkeping-keping. Nyesek! Padahal belum selesai kreditnya.

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

Loading...

2. Dulu kalau terima email itu rasanya kayak punya pacar setelah bertahun-tahun jomblo. Sekarang? Engg...

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

3. Dapat nilai jelek dulu pasti kena comel orangtua. Kalau sekarang pasti yang diteror para guru. Dibilang nggak becus ngajarlah, kurikulum nggak jelaslah. Ya nasib!

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

4. Susah payah pecahin rahasia sampai bisa mencapai top level itu rasanya menyenangkan banget. Berasa pahlawan, jago banget. Sekarang mah tinggal bayar games pakai kartu kredit, kelar cerita!

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

5. Anak zaman dulu kalau nggak ngerti pasti minta tolong orangtua. Kalau zaman sekarang, karena teknologi yang makin canggih, orangtua malah yang mesti sering nanya anaknya cara pakai ini itu karena gaptek.

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

6. Nah ini, sebelum ada smartphone ngobrol ngalor ngidul bahkan sampai diusir pulang dari kafe. Kalau sekarang, yang lain ngontrak, woy!

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

7. Foto-foto liburan zaman dulu beraneka ragam. Dari mulai main bola di pantai, foto-foto sambil berenang dan lain-lain. Kalau sekarang? Kompakan, foto pemandangan tapi fokus ke paha kalau nggak kaki yang lagi lagi bobo manja sambil selonjoran. Alay!

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

8. Dulu ke dokter takut disuntik, sekarang ke dokter takut nggak bisa bayarnya. Zzzz

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

9. Main bola enaknya ke lapangan bareng teman-teman sekompleks, sekarang sih mending duduk manis depan televisi. Biar tangan yang sibuk 'olahraga' di stick Playstation.

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

10. Televisi zaman dulu gede dan berat banget. Butuh empat orang buat ngangkut. Sekarang, justru orangnya makin gede dan berat, televisi sih makin tipis. Kalau perlu setipis kertas HVS.

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

11. Cowok pakai celana pas pinggang itu dilihatnya keren. Tapi makin ke sini cowok yang celananya di pinggul kalau perlu kelihatan belahan pantatnya itu dipikirnya keren banget. Sekalian nggak pakai celana aja gimana, bang?

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

12. Zaman dulu, kalau ulang tahun itu surga hadiah. Kalau ulang tahun zaman sekarang, bom notifikasi di media sosial.

27 Gambar perubahan zaman ini bikin terenyuh anak muda zaman sekarang

YANG LAIN BIKIN LEBIH TRENYUH: