Brilio.net - Pada Selasa (9/6), Menteri Agama RI Lukman H. Saifuddin melakukan klarifikasi melalui akun twitter-nya mengenai pernyataan sebelumnya tentang toleransi terhadap yang tidak berpuasa yang ternyata disalahpahami oleh sebagian masyarakat. Putra Mantan Menteri Agama K.H. Saifuddin Zuhri ini menuliskan klarifikasinya dengan membubuhkan #ubahtwit. 

Twit aslinya yang disalahpahami tersebut berbunyi "Warung2 tak perlu dipaksa tutup. Kita hrs hormati juga hak mrk yg tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa.." merupakan balasan keada akun @agungprasetyo_u yang mengajukan permintaan "skalian warung2 dtutup semua jo.. krn dkhawatirkan bs mengurangi khidmatnya ramadhan.."

Percakapan terbuka ini diawali oleh @sudjiwotedjo pada 5 Juni lalu yang meminta penertiban terhadap acara televisi yang dinilai mempengaruhi kekhidmatan Ramadhan. 

"Kang Menag @lukmansaifuddin mohon acara2 cekakakan TV pas sahur itu agak dianu…Krn mengganggu khitmat Ramadhan .. Suwun" tulis Arya Sujiwo Tejo, yang tak lain merupakan budayawan fenomenal tanah air. 

Tampaknya menag merasa twitnya itu mengundang kehebohan di masyarakat sehingga dia menuliskan 12 twit penjelasannya. Ada dua poin yang ingin disampaikan, yaitu pertama, tidak perlu adanya paksaan untuk menutup warung di bulan puasa sebab berkaitan dengan sumber penghasilan seseorang. Kedua, kata 'juga' pada "kita harus hormati juga" menjelaskan bahwa beliau  sama sekali tidak mengabaikan yang sedang berpuasa. Dengan tetap menghormati sesama yang tengah berpuasa, juga hormati mereka yang tidak sedang berpuasa karena memiliki hak memeroleh makanan dan minuman. 

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa

Selain itu, Menag menjeaskan bahwa tidak memaksa pedagang menutup warungnya juga sebagai bentuk penghormatan kepada sesama muslim yang sedang tidak berpuasa, apakah itu karena musafir, sakit, perempuan haid, hamil, serta menyusui. 

Pria lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur pada 1983 ini tidak mau berburuk sangka dengan kejadian ini. Dia berharap, apapun penyebab pengubahan kalimat dalam twitnya itu bisa terang melalui penjelasan ini. Sungguh menteri yang berjiwa besar! 

 

HOT HOT NEWS:

Dokter ini sebut bisa prediksi umur manusia! Begini caranya
5 Artis top Indonesia yang meninggal di usia muda
Ini alasan di balik pemberian tonjolan pada huruf F dan J di keyboard
Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi
Ditembak berkali-kali, prajurit Kopassus masih bisa melawan Fretilin

HOT NEWS:

Hampir 100 kali anggota badan dipotong, wanita ini tetap gigih bekerja

Beredar foto Eri Yunanto sebelum terjatuh ke kawah Merapi

Misteri kematian Galang Rambu Anarki, asma atau narkotika?

Ini bahaya pakai aplikasi tebak umur di foto, how-old.net, hati-hati!

Kasih ibu sepanjang masa,umur 101 tahun rawat anak cacat usia 63 tahun

 

HOT NEWS:

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan

5 Sinetron lawas yang perlu kamu tonton kembali karena pesan moralnya

Berbisnis sejak kelas 3 SD, Ayu kini beromzet Rp 60 juta per bulan

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

 

BACA JUGA:

Seorang ibu pasang iklan mencari 'ayah sementara' untuk anaknya

Tulisan-tulisan bikin ngakak ini hanya bisa kamu temui di tempat kost

Ayah ini ingin 6 anaknya disuntik mati

Kenapa donat bolong di tengah? Ini jawabannya

Dua gunung yang suka digambar zaman SD ternyata beneran ada