Brilio.net - Untuk menentukan Ramadan dengan metode hisab kini kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Accurate Hijri Calculator (AHC) yang dikembangkan mahasiswa Fisika Universitas Brawijawa, Abdul Rouf. Beberapa waktu lalu, Katua LAPAN Thomas Djamaluddin melakukan pembacaan melalui metode wujudul hilal maupun hisab-rukyat.

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Dikutip dari blog pribadinya, disebutkan bahwa garis tanggal dengan kriteria Wujudul hilal (antara arsir merah-putih), tinggi 2 derajat (antara arsir putih-biru), odeh (antara arsir biru-hijau) pada saat maghrib 16 Juni 2015. Disimpulkan, di Indonesia bulan masih di bawah ufuk (arsir merah). Maka bulan Syaban digenapkan 30 hari, awal Ramadhan 1436 jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015 (mulai malam Kamis).

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Sedangkan untuk metode hisab rukyatnya, dengan tanggal titik tolak digunakan 17 juni 2015 wilayah Indonesia terarsir hijau, yang artinya meyakinkan pada 18 Juni 2015 merupakan awal Ramadan 1436 H. Pada tanggal sebelumnya, wilayah Indonesia terarsir warna merah yang menandakan hilal (bulan baru) tidak tampak.

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Perhitungan awal syawal dibaca seperti yang disampaikan Thoas Djamaluddin berikut. Garis tanggal dengan kriteria wujudul hilal (antara arsir merah-putih), tinggi 2 derajat (antara arsir putih-biru), odeh (antara arsir biru-hijau) pada saat maghrib 16 Juli 2015. Di Indonesia bulan sudah di atas ufuk dan tingginya lebih dari 2 derajat. Dengan kriteria Wujudul Hilal dan kriteria 2 derajat, awal Syawal 1436 jatuh pada 17 Juli 2015. Namun pada diagram kiri bawah, terlihat posisi bulan tidak terlalu tinggi. Jadi perlu diwaspadai kemungkinan gagal rukyat.

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Dengan metode hisab-rukyat, ketika dipasang tanggal 16 Juli 2015 tidak terlihat hilal di wilayah Indonesia. Arsiran hijau sudah sangat dekat dengan Indonesia yang artinya bisa dipastikan 1 syawal 1436 h jatuh pada 17 Juli 2015.

BACA JUGA:

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Khasiat hebat seledri, mujarab untuk diet dan bikin tidur nyenyak

Sukses diet, gadis ini justru ingin gemuk lagi gara-gara kena penyakit

Cokelat bisa bikin berat badanmu jadi turun, ayo coba gaya diet ini

Jangan tiru diet ala artis ini, meski Madonna & Mariah Carey melakukan

Mau dietmu sukses? Kamu harus makan 6 kali sehari

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar