Brilio.net - Kamu yang sibuk bahkan terobsesi diet menurunkan berat badan, perlu mempertimbangkan kembali cara dan efeknya. Jangan sampai mengalami seperti Amelia-Jane (20) yang justru menyesal setelah sukses menurunkan berat badannya sebanyak 250 pound atau sekitar 113 kilogram. Berat badannya sekarang adalah 121 pound atau sekitar 54 kilogram.

Ceritanya, gadis asal Chelmsley Wood, Birmingham, Inggris, ini malah justru jatuh sakit parah setelah ulang tahunnya ke-17. Dia didiagnosis menderita Crohn's disease. Dia tersiksa dengan kondisi yang sering lelah, kekurangan gizi, dan menderita kram perut.

Nah, apa itu Crohn's disease? Berikut fakta yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Peradangan pada lapisan sistem pencernaan

2. Diare, sakit perut, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dikehendaki, buang air besar becampur darah dan lendir

Loading...

3. Penyebab pastinya belum diketahui dan belum ada obatnya

4. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengobati peradangan dan meringankan gejala yang ada

5. Saat ini setidaknya ada 115.000 orang menderita penyakit ini di Inggris.

Amelia-Jane sendiri setidaknya mengonsumsi sejumlah 70 pil pada kondisi baik-baik saja, dan ketika sedang drop mencapai 100 pil.

"Bagi beberapa orang, saya memiliki tubuh impian. Tapi bagi saya, memiliki ukuran seperti ini hanyalah mimpi buruk," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari metro.co.uk dan inquisitr.com, Kamis (23/4). Dia ingin kembali gemuk seperti sebelumnya.

Nah, guys, ini pelajaran buat kita semua sebelum memutuskan diet menurunkan berat badan, ya. Stay healthy!