Brilio.net - Indonesia itu negara yang kaya. Nggak cuma budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, tapi juga kekayaan alam yang luar biasa indahnya. Nah sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentu kamu harus bangga dong! Salah satunya adalah dengan menjaga dan mencintainya, tidak merusak, nggak melakukan vandalisme, serta nggak mencoba-coba untuk mengotorinya. Itu baru namanya anak bangsa!

Kekayaan alam yang beraneka ragam ini ternyata menyimpan banyak cerita seru untuk didatangi lho. Bahkan sekali aja kamu mengunjunginya, kamu bakalan nggak mau pergi berlibur ke luar negeri lagi. Nggak percaya?

Berikut ini 25 tempat wisata alam Indonesia yang bikin kamu bangga menyebutnya sebagai tanah kelahiran, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/9).

1. Taman Nasional Kelimutu, Ende, NTT

Taman Nasional Kelimutu ini terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung, dengan puncak tertinggi bernama Gunung Kelibra setinggi 1.731 meter. Yang paling fenomenal, tentu dong Danau Tiga Warna yang ada di Gunung Kelimutu yang merupakan daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu. Kamu mesti kesini!

2. Pulau Kanawa, Flores, NTT

Pulau Kanawa terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Untuk bisa sampai ke pulau dengan luas 32 hektare ini, kamu dapat menggunakan perahu bermesin yang bisa dengan mudah kamu ditemui di sekitar Labuan Bajo selama kurang lebih 40 menit. Ataukamu juga bisa menggunakan speed boat dengan biaya sekitar Rp 60.000.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kamu mestinya bangga nih, Kawah Ijen yang terletak di Banyuwani, Jawa Timur ini disebut-sebut sebagai salah satu kawah asam terbesar di dunia. Kawah Ijen sendiri memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter dengan luas kawahnya yang mencapai 5.466 hektare. Dan asal kamu tahu, kawah yang berada di tengah kaldera merupakan yang terluas di Pulau Jawa lho. Ukurannya mencapai 960 meter x 600 meter dengan kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Mesti masukin Kawah Ijen di rencana liburan nih.

4. Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta

Pantai Wedi Ombo terletak di ujung Gunung Kidul, tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, dengan bagian barat dan timurnya diapit oleh bukit-bukit berbatu karang, dengan panorama yang benar-benar memanjakan mata. Nggak cukup sampai di situ, kamu juga bisa merasakan sensasi memancing unik yang nggak bakalan pernah kamu rasakan di tempat lain. Di Pantai Wedi Ombo, kamu bisa memancangin dari ketinggian bukit karang lho. Bosan mancing, kamu bisa coba berenang atau bermain air di laguna yang terbentuk dari bebatuan karang tersebut.

5. Pantai Nirwana, Padang, Sumatera Barat

Nggak lengkap rasanya kalau ke Padang nggak mampir ke Pantai Nirwana. Dari pusat Kota Padang, kamu cukup mengendarai mobil 14 kilometer ke arah selatan menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai Nirwana sendiri berada satu lokasi yang cukup dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Cocok banget nih buat yang pengin sejenak menghilangkan kepenatan dari kesibukan pekerjaan.

6. Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara

Nggak perlu banyak-banyak ngomong deh, pokoknya ini pantai paling keren yang mesti kamu datangin. Kenapa? Pemandangan alamnya itu lho, sekali datang kamu langsung dibikin termehek-mehek sama alamnya. Pengin balik lagi, balik lagi, lagi dan lagi deh. Dijamin!

7. Pantai Kolbano, Kupang, NTT

Siapa bilang ibu kota Nusa tenggara Timur ini cuma punya padang gersang dan kering yang bikin sakit mata? Kamu mesti coba datang berlibur ke Pantai di pesisir selatan Pulau Timor ini deh. Berjarak 130 meter dari ibu kota Kupang, kamu bakal menemukan hamparan kerikil kecil berwarna warni yang sangat memanjakan mata. Dan asal kamu tahu aja, Pantai Kolbano secara geografis berjarak sangat dekat lho dengan benua Australia, cuma 147 kilometer dari pusat pelabuhan Kolbano. Di Kolbano pun, kamu masih bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda yang berdiri sejak 1907. Wah, nabung mulai sekarang deh!

8. Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru

Ranu Kumbolo sebenarnya adalah sebuah danau vulkanik yang bisa kamu temui pada jalur pendakian pada lereng Gunung Semeru. Ranu Kumbolo sendiri terletak pada titik ketinggian 2.400 mdpl dengan luas kurang lebih 16 hektare. Danau Kumboro sendiri masih berada pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Berminat untuk ke sini dong?

9. Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB

Buat kamu penggila diving atau olahraga menyelam, menyesal kalau sampai nggak datang ke Turtle Point di Gili Meno, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di sini kamu bisa menemukan banyak banget biota laut yang indah dan juga penyu-penyu lucu yang bikin kamu malas balik ke kota asalmu lagi.

10. Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini bisa dibilang surga dunia. Lha, gimana nggak disebut begitu, pemandangan lautnya nggak perlu disangsikan lagi. Kamu juga bisa melihat banyak spesies laut langka macam kuda laut dan ikan pari manta di sini. Atau ada juga spesies ikan asli Raja Ampat, Eviota Raja, sejenis ikan gobbie. Ikan duyung? Ada juga di sini! Lalu, kapan mau ke Raja Ampat?

11. Pulau Kera, Kupang, NTT

Nggak susah kok buat kamu yang ingin berlibur ke pulau dengan hamparan pantai dengan pasir seputih salju ini. Kamu cukup menyeberang dengan menyewa kapal-kapal milik penduduk selama satu sampai dua jam saja. Begitu sampai di pulau yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang, wah kamu pasti dibikin terkagum-kagum deh sama pemandangannya yang keren banget. Ikan karang, dan terumbu karang bikin kamu betah berlama-lama tinggal di sini. Tekstur pasirnya pun berbeda dengan pasir-pasir di pantai lain.

12. Kuala Merisi, Desa Ketapang, Aceh

Kuala Merisi adalah tempat paling cocok kalau kamu pengin menikmati suasana pantai tapi dengan kondisi yang sepi dan tenang. Cocok banget buat kamu yang tinggal di kota-kota besar yang setiap hari disibukkan dengan pekerjaan yang seabrek ditambah kemacetan yang bikin kering di jalanan. Terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kuala Merisi punya garis pantai yang panjang dengan ombak-ombak kecil yang seru banget untuk bersantai atau sekedar bermain air di tepian. Silakan duduk santai di atas tikar dan nikmati deburan ombak dan embusan angin pantainya. Mau berselancar, hayuk aja!

13. Air Terjun Aling-aling, Sambangan, Buleleng, Sukasada, Bali

Kalau berlibur ke Bali, biasanya ke pantai, atau kehidupan malamnya yang nggak pernah mati. Buat kamu yang bosan dengan wisata mainstream Bali itu, kamu mesti coba datang ke wisata Air Terjun Aling-Aling di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai kamu cukup menempuh jarak sekitar 110 kilometer selama tiga jam untuk bisa sampai ke kawasan wisata ini. Jauh sih, tapi semua kelelahan di dalam perjalanan, dijamin bakal terbayar begitu kamu sampai di sana. Serius. Nggak bohong!

14. Bukit Pergasingan, Lombok, NTB

Dari atas bukit dengan ketinggian 1.670 mdpl ini, kamu bisa melihat eksotisme panorama indah dari sisi timur Gunung Rinjani. Priceless!

15. Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kendal. Meski jalur pendakiannya nggak terlalu panjang dan tinggi, hanya sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau terkenal dengan pemandangan yang indah banget. Apalagi kalau malam, pemandangan lampu-lampu kerlap-kerlip di bawah gunung bikin hati jadi adem. Enak banget!

2 dari 2 halaman

16. Janjang Saribu, Bukittinggi, Sumatera Barat

Siapa bilang cuma China yang punya tembok Besar? Indonesia juga punya dong, namanya Janjang Saribu. Tembok Besar van Indonesia ini terletak di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang baru saja diresmikan pada tahun 2013 yang lalu. Mirip dengan Great Wall di China, Tembok Besar Janjang Saribu terdiri dari jalan setapak membelah tebing-tebing dengan pemandangan indah. Belum lagi suara burung-burung langka yang bernyanyi merdu menamani perjalananmu sampai ke atas. Harus datang.

17. Pulau Tabailenge, Morotai Utara, Maluku

Pulau Tabailenge cocok banget buat kamu yang merindukan pantai dengan air laut yang membiru cerah. Untuk mencapai ke tempat ini, dari Kabupaten Daruba kamu bisa menggunakan mobil-mobil yang banyak disewakan bagi para pendatang, selama kira-kira 1,5 jam. Di sini kamu bakal menemukan air terjun Kahona yang sering digunakan penduduk untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penamaannya karena penduduk yang tergila-gila dengan film India.

18. Pantai Siung, Gunung Kidul, Yogyakarta

Walaupun nggak seterkenal pantai Baron, tapi jangan kira Pantai Siung yang terletak di Kecamatan Tepus berjarak 100 kilometer dari kota Yogyakarta ini nggak menarik. Di sana banyak potensi alam yang luar biasa. Pantai dengan pesona pemandangan laut yang menarik, terus juga kamu bisa mencoba mendaki tempat pemanjatan yang cukup menantang. Bahkan, di kawasan panjat tebing Pantai Siung, ada sekitar 250 jalur untuk pemanjatan ddengan tingkat kesulitan dan karakterisik yang berbeda-beda. Nggak salah deh kalau banyak yang menyebutnya sebagai the best rock climbing site di Jogja. Kamu tertarik?

19. Rammang-rammang, Maros, Sulawesi Selatan

Rammang-Rammang yang terletak di antara kabupaten Maros dan Pangkep ini merupakan daerah pegunungan karst yang membentang sepanjang 4.750 hektar. Deretan pegunungan kapur berwarna hitam ini ternyata menyimpan pemandangan yang sangat keren. Bayangin aja, bentuknya yang unik "dihiasi" sungai yang mengalir jernih yang bermuara ke sawah penduduk. Keunikan seperti bahkan cuma di temui dua di dunia, Vietnam dan Maros. Bahkan Rammang-rammang ditetapkan UNESCO dengan gelar World Heritage Site pada kategori Destinasi Hits di Indonesia 2015. Wow, bangga!

20. Pulau Pastufiri, Jailolo, Maluku Selatan

Pulau Pastufiri terletak di dekat Jailolo, Maluku Selatan, tepatnya di antara Jailolo dan Ternate. Dari Ternate kamu cukup menyeberang menggunakan speed boat dengan jarak tempuh kira-kira satu jam. Apa yang keren sih? Pasirnya bukan jenis pasir halus, tapi terbuat dari batu-batu kecil dan karang-karang bekas. Bentuknya yang unik, menggunung, bikin foto-foto kamu di Instagram bisa kelihatan jadi lebih keren!

21. Puncak Becici, Bantul, Imogiri, Yogyakarta

Kalau Kalibiru udah mulai penuh, kamu bisa mencoba datang ke Puncak Becici yang terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke sini nggak susah kok, kamu cukup mengendarai mobil dari pusat Kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Jalan Imogiri. Begitu sampai di Puncak Becici, kamu bakal langsung dibuat terpukau dengan keindahannya. Kabut-kabut yang terpisah-pisah, Pemandangan Gunung Merapi dan Sindoro yang memanjakan mata. Lalu cuacanya itu lho, sejuk rek!

22. Curug Awang, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Banyak orang yang menyebut Curug Awang sebagai Niagara mininya Indonesia. Nggak heran sih, curug yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh, Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat ini memang memiliki pemandangan yang sangat keren, dengan ciri khas dinding batu alam (geopark) berwarna cokelat kemerahan yang juga dikenal sebagai karakterisitik curug ini. Dengan ketinggian 40 meter dan lebar 60 meter ini, pasti bakalan bikin gagal move on kalau sudah datang ke sini? Nggak percaya? Buktiin aja sendiri!

23. Brown Canyon, Desa Rowosari, Tembalang, Semarang

Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk ngerasain liburan ke tebing-tebing tinggi Grand Canyon. Indonesia juga punya lho, tepatnya di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang, sekitar dua kilometer sebelah selatan dari kantor TVRI Jawa Tengah. Terbentuknya Brown Canyon sebenarnya nggak sengaja, awalnya tempat ini merupakan proyek Galian C. Sebelum membentuk tebing mirip Grand Canyon, tempat ini adalah bukit yang diambil materialnya hingga terbentuklah tekstur tebing yang unik. Jangan sampai terlewatkan untuk ke sini ya?

24. Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Seperti namanya, kebun buah ini terletak di Daerah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pemandangannya benar-benar surga dunia deh. Sejuk banget! Ngademin hati pokoknya, apalagi kalau kamu datang ke kebun buah ini saat sunrise, hamparan pemandangan Pegunungan Sewu yang hijaunya bakal langsung bikin kamu berasa lagi di khayangan. Ditambah dengan Sungai Oyo yang berkelok-kelok dengan airnya yang berwarna hijau toska, speechless!

25. Perkebunan Teh Cukul, Pengalengan, Jawa Barat

Nggak bisa bohong deh, selain jadi surga belanja pakaian murah, Bandung memang terkenal dengan wisata alamnya yang beraneka ragam. Jika kamu mengendarai mobil ke arah selatan Kota Bandung, tepatnya ke pengalengan, kamu bakal ketemu sama beberapa objek wisata seperti Situ Cileunca, perkebunan teh, kolam pemandian air panas Cibolang, dan satu yang nggak boleh ketinggalan didatangi, perkebunan Teh Cukul dengan panorama kebun teh yang menawan.

Masih kepikiran buat liburan ke luar negeri setelah ini?