×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

View Image

0

BRILIO » Life

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Indonesia itu negara yang kaya.

14 / 09 / 2015

Brilio.net - Indonesia itu negara yang kaya. Nggak cuma budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, tapi juga kekayaan alam yang luar biasa indahnya. Nah sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentu kamu harus bangga dong! Salah satunya adalah dengan menjaga dan mencintainya, tidak merusak, nggak melakukan vandalisme, serta nggak mencoba-coba untuk mengotorinya. Itu baru namanya anak bangsa!

Kekayaan alam yang beraneka ragam ini ternyata menyimpan banyak cerita seru untuk didatangi lho. Bahkan sekali aja kamu mengunjunginya, kamu bakalan nggak mau pergi berlibur ke luar negeri lagi. Nggak percaya?

Berikut ini 25 tempat wisata alam Indonesia yang bikin kamu bangga menyebutnya sebagai tanah kelahiran, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/9).

1. Taman Nasional Kelimutu, Ende, NTT

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Loading...

Taman Nasional Kelimutu ini terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung, dengan puncak tertinggi bernama Gunung Kelibra setinggi 1.731 meter. Yang paling fenomenal, tentu dong Danau Tiga Warna yang ada di Gunung Kelimutu yang merupakan daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu. Kamu mesti kesini!

2. Pulau Kanawa, Flores, NTT

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Pulau Kanawa terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Untuk bisa sampai ke pulau dengan luas 32 hektare ini, kamu dapat menggunakan perahu bermesin yang bisa dengan mudah kamu ditemui di sekitar Labuan Bajo selama kurang lebih 40 menit. Ataukamu juga bisa menggunakan speed boat dengan biaya sekitar Rp 60.000.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Kamu mestinya bangga nih, Kawah Ijen yang terletak di Banyuwani, Jawa Timur ini disebut-sebut sebagai salah satu kawah asam terbesar di dunia. Kawah Ijen sendiri memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter dengan luas kawahnya yang mencapai 5.466 hektare. Dan asal kamu tahu, kawah yang berada di tengah kaldera merupakan yang terluas di Pulau Jawa lho. Ukurannya mencapai 960 meter x 600 meter dengan kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Mesti masukin Kawah Ijen di rencana liburan nih.

4. Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Pantai Wedi Ombo terletak di ujung Gunung Kidul, tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, dengan bagian barat dan timurnya diapit oleh bukit-bukit berbatu karang, dengan panorama yang benar-benar memanjakan mata. Nggak cukup sampai di situ, kamu juga bisa merasakan sensasi memancing unik yang nggak bakalan pernah kamu rasakan di tempat lain. Di Pantai Wedi Ombo, kamu bisa memancangin dari ketinggian bukit karang lho. Bosan mancing, kamu bisa coba berenang atau bermain air di laguna yang terbentuk dari bebatuan karang tersebut.

5. Pantai Nirwana, Padang, Sumatera Barat

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Nggak lengkap rasanya kalau ke Padang nggak mampir ke Pantai Nirwana. Dari pusat Kota Padang, kamu cukup mengendarai mobil 14 kilometer ke arah selatan menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai Nirwana sendiri berada satu lokasi yang cukup dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Cocok banget nih buat yang pengin sejenak menghilangkan kepenatan dari kesibukan pekerjaan.

6. Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Nggak perlu banyak-banyak ngomong deh, pokoknya ini pantai paling keren yang mesti kamu datangin. Kenapa? Pemandangan alamnya itu lho, sekali datang kamu langsung dibikin termehek-mehek sama alamnya. Pengin balik lagi, balik lagi, lagi dan lagi deh. Dijamin!

7. Pantai Kolbano, Kupang, NTT

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Siapa bilang ibu kota Nusa tenggara Timur ini cuma punya padang gersang dan kering yang bikin sakit mata? Kamu mesti coba datang berlibur ke Pantai di pesisir selatan Pulau Timor ini deh. Berjarak 130 meter dari ibu kota Kupang, kamu bakal menemukan hamparan kerikil kecil berwarna warni yang sangat memanjakan mata. Dan asal kamu tahu aja, Pantai Kolbano secara geografis berjarak sangat dekat lho dengan benua Australia, cuma 147 kilometer dari pusat pelabuhan Kolbano. Di Kolbano pun, kamu masih bisa menemukan bangunan peninggalan Belanda yang berdiri sejak 1907. Wah, nabung mulai sekarang deh!

8. Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger, Semeru

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Ranu Kumbolo sebenarnya adalah sebuah danau vulkanik yang bisa kamu temui pada jalur pendakian pada lereng Gunung Semeru. Ranu Kumbolo sendiri terletak pada titik ketinggian 2.400 mdpl dengan luas kurang lebih 16 hektare. Danau Kumboro sendiri masih berada pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Berminat untuk ke sini dong?

9. Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Buat kamu penggila diving atau olahraga menyelam, menyesal kalau sampai nggak datang ke Turtle Point di Gili Meno, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di sini kamu bisa menemukan banyak banget biota laut yang indah dan juga penyu-penyu lucu yang bikin kamu malas balik ke kota asalmu lagi.

10. Raja Ampat, Papua Barat

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Kepulauan yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini bisa dibilang surga dunia. Lha, gimana nggak disebut begitu, pemandangan lautnya nggak perlu disangsikan lagi. Kamu juga bisa melihat banyak spesies laut langka macam kuda laut dan ikan pari manta di sini. Atau ada juga spesies ikan asli Raja Ampat, Eviota Raja, sejenis ikan gobbie. Ikan duyung? Ada juga di sini! Lalu, kapan mau ke Raja Ampat?

11. Pulau Kera, Kupang, NTT

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Nggak susah kok buat kamu yang ingin berlibur ke pulau dengan hamparan pantai dengan pasir seputih salju ini. Kamu cukup menyeberang dengan menyewa kapal-kapal milik penduduk selama satu sampai dua jam saja. Begitu sampai di pulau yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang, wah kamu pasti dibikin terkagum-kagum deh sama pemandangannya yang keren banget. Ikan karang, dan terumbu karang bikin kamu betah berlama-lama tinggal di sini. Tekstur pasirnya pun berbeda dengan pasir-pasir di pantai lain.

12. Kuala Merisi, Desa Ketapang, Aceh

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Kuala Merisi adalah tempat paling cocok kalau kamu pengin menikmati suasana pantai tapi dengan kondisi yang sepi dan tenang. Cocok banget buat kamu yang tinggal di kota-kota besar yang setiap hari disibukkan dengan pekerjaan yang seabrek ditambah kemacetan yang bikin kering di jalanan. Terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kuala Merisi punya garis pantai yang panjang dengan ombak-ombak kecil yang seru banget untuk bersantai atau sekedar bermain air di tepian. Silakan duduk santai di atas tikar dan nikmati deburan ombak dan embusan angin pantainya. Mau berselancar, hayuk aja!

13. Air Terjun Aling-aling, Sambangan, Buleleng, Sukasada, Bali

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Kalau berlibur ke Bali, biasanya ke pantai, atau kehidupan malamnya yang nggak pernah mati. Buat kamu yang bosan dengan wisata mainstream Bali itu, kamu mesti coba datang ke wisata Air Terjun Aling-Aling di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai kamu cukup menempuh jarak sekitar 110 kilometer selama tiga jam untuk bisa sampai ke kawasan wisata ini. Jauh sih, tapi semua kelelahan di dalam perjalanan, dijamin bakal terbayar begitu kamu sampai di sana. Serius. Nggak bohong!

14. Bukit Pergasingan, Lombok, NTB

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Dari atas bukit dengan ketinggian 1.670 mdpl ini, kamu bisa melihat eksotisme panorama indah dari sisi timur Gunung Rinjani. Priceless!

15. Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

25 Wisata alam Indonesia yang bikin malas liburan ke luar negeri

Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kendal. Meski jalur pendakiannya nggak terlalu panjang dan tinggi, hanya sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau terkenal dengan pemandangan yang indah banget. Apalagi kalau malam, pemandangan lampu-lampu kerlap-kerlip di bawah gunung bikin hati jadi adem. Enak banget!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    71%

  • Ngakak!

    14%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    14%

  • Love

    0%

Loading...

MORE
Wave more