Brilio.net - Nggak bisa bohong deh, nggak ada yang bisa mengalahkan kehebatan sineas Hollywood dalam mengeksekusi jalan cerita filmnya menjadi sebuah kesatuan yang benar-benar keren dan layak untuk dinikmati. Bahkan mereka rela mengeluarkan dana hingga puluhan miliar untuk membuat efek spesial yang kadang bikin melongo saat menontonnya. Yah, sebanding sih sama apa yang mereka dapatkan, bahkan bisa melebihi berkali-kali lipat dari modal awal. Fantastis!

Beberapa film Hollywood juga diketahui pernah mengangkat, bahkan menjadikan Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambar sebuah film. Bikin bangga dong? Tapi gimana jadinya kalau film-film tersebut justru diangkat tapi malah menjelek-jelekkan nama Indonesia di mata dunia? Duh!

Berikut ini 13 film asing yang jalan ceritanya justru menyindir Indonesia di mata dunia, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (8/8).

1. Serial TV, House

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Loading...

Dalam salah satu adegan digambarkan ketika si dokter House sedang memeriksa anak yang sedang sakit parah. Ketika sedang mengecek kondisinya, si dokter tiba-tiba ngomong kayak gini, "duh, anak sakit parah begini biasanya banyak nih di Indonesia."

2. Looking For Jackie Chan

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film yang sesuai judulnya, diperankan oleh Jackie Chan ini menceritakan tentang seorang anak Indonesia keturunan China yang ngefans banget sama Jackie dan berusaha segala cara demi bisa bertemu idolanya, termasuk menerobos satpam dan lari dari rumah. Ya.. ya.. ya.., melanggar aturan memang sikap khas orang Indonesia ya?

3. Lethal Weapon 4

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang selalu bikin kacau. Jadi ceritanya ada imigran China yang diselundupkan pakai kapal dari sebuah perusaan di Indonesia. Nah coba deh perhatikan saat Mel Gibson and the gank lagi ngobrol-ngobrol di basecamp mereka sebelum menyerbu Uncle Benny, Danny Glover kemudian nerocos memaki-maki dengan mimik khasnya, "kapal bodoh kayak gini pasti yang bikin orang Indonesia!" Duh ngeselin ya?

4. In God's Hand

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film ini bercerita tentang dunia surfing dari Hawaii sampai Bali. Nah salah satu adegannya digambarkan ketika para peselancar muda Amerika sedang mencoba ombak di Bali, trus ceritanya mereka tertangkap polisi, tapi mereka bisa lolos karena polisinya disuap dengan cara salaman sambil menempelkan duit ke tangan polisi tersebut. Miris ya? Tapi ya memang benar sih!

5. The Year of Living Dangerously

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film yang di produksi tahun 1982 ini bercerita tentang seorang wartawan yang sedang bertugas di Jakarta antara tahun 1965-1966. Indonesai saat itu sedang mengalami krisis politik dan ekonomi, sehingga Jakarta saat itu terlihat kacau. Rakyat diceritakan merana karena kelaparan. Adegan yang paling terkenal dari film ini adalah ketika Billy Kwan menggantungkan spanduk di Hotel Indonesia bertuliskan SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE. Indonesia dalam film ini juga digambarkan sebagai negara penuh konflik.

6. Serial TV, West Wing

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Dalam satu episode serial yang bersetting di Gedung Putih ini diceritakan tentang kesibukan Amerika menyambut kunjungan presiden Indonesia. Nah dari awal filmnya aja, Indonesia terus dijelek-jelekkan. Dalam satu adegan, ada seorang staf Gedung Putih yang ngomong sama temannya, "jangan bikin orang Indonesia tersinggung kalau kamu nggak mau kepalamu dipenggal dan diarak keliling kota." Indonesia dalam film ini juga digambarkan sebagai bangsa yang bodoh dan nggak bisa berbahasa inggris. Trus coba deh kamu perhatikan yang jadi presiden Indonesia, merasa kenal nggak sih gerak gerik dan tata bahasanya? Ups!

7. The Silence of The Lambs

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film bertema thriller psikologi ini dbintangi oleh Jodie Foster. Nah salah satu adegannya menceritakan tentang seseorang yang diculik oleh kanibal. Namun lucunya, sweater yang digunakan si korban bertuliskan "Made in Indonesia". Sontak publik pun dibikin heboh mengaitkannya dengan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak kasus penculikan. Duh!

8. Serial TV, Sleeper Cell American Terror

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Serial ini bercerita bagaimana FBI mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris besutan Faris Al-Farik. Indonesia dalam film ini disebut sebagai negara dengan sarang teroris dengan salah satu anggota sindikat ini merupakan seorang Indonesia bernama Eddy Pangestu yang diperankan oleh Jeff Mallare.

9. The Sweetest Thing

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Dalam salah satu adegan film ini, digambarkan kalau Cameran Dias, sang pemeran utama sebal dengan teman-temannya yang sering mengacau dan membuat ulah. Si Cameron dengan entengnya ngomong, "kalian ini bikin kacau saja hobinya, kayak Indonesia!" Dalam satu adegan lain juga menceritakan ketika Christina Applegate masuk ke apartemennya dan terkaget-kaget melihat keadaannya yang sangat berantakan, kemudian nyeletuk, this place is a mess like Indonesia.

10. Needful Thing

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film ini bercerita tentang usaha iblis untuk membuat kekacauan pada sebuah kota yang damai. Ya walaupun akhirnya kembali damai lagi, sang iblis sempat bersumpah kalau dia bakal balas dendam, caranya dengan bekerja sama dengan anak si polisi di masa depan di Jakarta.

11. Serial TV, Miami Vice

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Salah satu adegan dalam film ini menceritakan tentang pengungkapan para bandar narkoba yang menyelundupkan barang haram tersebut memakai buah nanas yang berasal dari Indonesia. Hadeh! Ada-ada saja.

12. The Kingdom

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Film ini bercerita tentang aksi terorisme di Arab Saudi dan diceritakan bahwa aliran dana grup radikal tersebut sampai mengalir ke Jakarta. Weleh!

13. Mission: Impossible Rogue Nation

13 Film Hollywood ini menyindir Indonesia

Kamu yang belum nonton film ini, buruan deh nonton. Bakalan nyesel lho kalau sampai nggak! Selain memang menunjukkan aksi gila Ethan Hunt yang diperankan Tom Cruise tanpa bantuan stuntman berdiri di badan pesawat yang sedang terbang ini, pada adegan awal digambarkan Ethan sedang berbincang dengan sahabatnya Benji tentang keberadaan sindikat teroris bernama Solomon Lane yang menjadikan Jakarta sebagai tempat persembunyiannya. Jadi Indonesia dianggap sebagai sarang gembong teroris gitu? Duh!

HOT NEWS:

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

Cek STNK-mu, ada biaya SWDKLLJ, ini penjelasannya

Penampakan unik 14 benda yang dibelah menjadi dua

12 Foto perjalanan ke sekolah yang berbahaya dan memprihatinkan

10 Foto kocak ini diambil dengan angle yang pas, bikin ngakak!