Brilio.net - Beberapa waktu lalu terdengar kabar tak sedap dari Institut Pertanian Bogor tentang penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) atas kasus Hepatitis A yang menjangkiti beberapa mahasiswa di kampus bergengsi tersebut. Hepatitis A adalah suatu penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita, biasanya melalui makanan (fecal- oral).

Yang perlu diwaspadai, beberapa kasus hanya memberikan sedikit atau justru tanpa gejala, terutama bagi yang masih muda. Waktu antara terserangnya virus dan terjadinya gejala adalah 2-6 minggu. Karena gejala yang tak terlihat inilah mahasiswa IPB ternyata banyak yang terserang penyakit hingga kampus IPB menjadi darurat Hepatitis A. Untuk mencegah terjangkitnya penyakit Hepatitis A tersebut, hal-hal berikut ini perlu kamu lakukan, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/12).

1. Imunisasi

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: rudidokter.com

Vaksin hepatitis A efektif untuk pencegahan. Beberapa negara merekomendasikan vaksinasi untuk anak-anak dan pada yang beresiko tinggi, serta yang belum pernah divaksin sebelumnya. Vaksinasi tampaknya efektif untuk pencegahan seumur hidup.

2. Rajin cuci tangan

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: shnews.co

Karena penularan Hepatitis A ini dari makanan, perlu untuk kamu rajin mencuci tangan sebelum makan. Menjaga kebersihan juga merupakan salah satu cara pencegahan yang efektif.

3. Rajin mencuci alat-alat makan

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: sunlight.co.id

Penularan Hepatitis A juga bisa melalui alat-alat makan yang tidak sempurna pencuciannya, sehingga kurang bersih. Bila kamu tengah makan di luar, pastikan tempat makan yang kamu datangi tersebut termasuk tempat makan yang higienis, dan menjaga kebersihan peralatan makannya.

4. Memasak makanan dengan matang

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: masakan-indonesia.com

Bahan mentah makanan terkadang terkontaminasi zat-zat yang berbahaya untuk tubuh. Untuk mencegah penularan Hepatitis A, biasakan untuk memasak makanan dengan matang guna mematikan virus Hepatitis tersebut.

5. Imunitas sementara

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui
foto: indramuhtadi.com


Kamu yang tengah bepergian, seperti ke daerah-daerah yang ternyata endemik Hepatitis, sebaiknya juga dibekali dengan imunitas sementara berupa imunoglobulin atau Ig yang akan efektif menjagamu dari serangan virus Hepatitis A kira-kira selama 2 minggu.

6. Menjaga kebersihan setelah buang air

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: solusisehatku.com

Karena virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita tersebut biasanya melalui makanan (fecal - oral), menjaga kebersihan setelah buang air besar dan buang air kecil pun harus kamu perhatikan.

7. Usahakan untuk selalu menggunakan air mengalir

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui
foto: deanmuliawan.wordpress.com


Jika kamu akan mandi atau akan membersihkan diri, usahakan untuk menggunakan air yang mengalir, ya. Bukan air yang tertampung di bak.

8. Jangan menggunakan seprai dan handuk yang sama dengan orang lain

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: yclibrary.blogspot.com

Penularan juga bisa terjadi dengan kontak fisik dari handuk atau seprai. Virus bisa saja menempel pada seprai dan handuk bila kamu menggunakan alat-alat tersebut secara bergantian dengan orang lain.

9. Jangan menggunakan alat makan atau alat minum yang sama dengan orang lain

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: blogid.eztable.com

Hei, pastikan kamu selalu menggunakan alat makan dan minum milikmu sendiri. Jangan bergantian dengan orang lain. Penularan paling besar dari Hepatitis A adalah lewat alat makan yang digunakan secara bergantian.

10. Menghindari kontak pada penderita Hepatitis A

10 Pencegahan penyakit hepatitis A ini wajib kamu ketahui foto: mencegahpenyakit.com

Bila ada seseorang yang terkena Hepatitis A, untuk sementara baiknya kamu menghindari kontak dengan orang tersebut karena tingkat penularan yang tinggi bila sampai terjadi kontak.