Brilio.net - Ngomongin cinta itu nggak ada habisnya ya, guys. Tapi balik ke pertanyaan paling mendasar deh, sebenarnya bagaimana bisa kamu jatuh cinta?

Dikutip brilio.net dari laman AOL, Senin (22/6), Elizabeth Phillips, psikolog dari University of Central Florida, menyatakan adalah sepuluh faktor orang merasakan perasaan yang bikin hati deg-deg ser tersebut. Kesepuluh faktor tersebut antara lain:

1. Kesamaan

Phillips menjelaskan bahwa kita merasa mudah membayangkan seseorang yang mirip dengan kita akan menyukai kita juga. Contoh sederhananya adalah, kamu girang banget kalau gebetan sama-sama suka bola, musik Coldplay, penyuka pedas, atau apa pun.

2. Keinginan timbal balik

Loading...

Saat kita mengasihi orang lain, kita pun juga ingin dikasihi balik. Jadi, alasan kamu jatuh cinta adalah ada naluri tersendiri yang membuatmu ingin dikasihi dan diperhatikan.

3. Karakteristik idaman

Phillips menjelaskan bahwa ketika kita tertarik pada sesuatu, dan itu menjadi idaman kita selama ini, kita akan merasakan lebih dari sekadar tertarik. Itulah alasan orang jatuh cinta, baik karena segi penampilan maupun kepribadian.

4. Penerimaan sosial

Penilaian sosial tempat kita tinggal bisa membuat kita membenci atau mencintai seseorang. Misalnya penilaian sosial menyebutkan bahwa seseorang dari budaya lain baik dan sesuai dengan nilai-nilai sosial kita, maka akan ada penerimaan. Penerimaan sosial inilah yang membentuk cara pandangan kita sebagai individu.

5. Kebutuhan terhadap pemenuhan

Kita membutuhkan seseorang yang bisa dekat dan akrab dengan kita, apa pun kondisinya. Walaupun banyak hal yang bisa kita kerjakan sendiri, tapi berpasangan bukankah bisa meringankan beban dan melengkapi kehidupan kamu?

6. Situasi gairah

Bukan bicara soal seks, melainkan bicara situasi yang membuat perasaan kamu terpacu, baik rasa gembira berlebihan atau saat merasa terancam. Saat-saat seperti itulah kita membutuhkan orang lain di samping kita, disadari atau tidak.

7. Faktor X

Untuk beberapa orang, mungkin memang memiliki kriteria khusus saat menyukai seseorang. Misalnya bentuk mata belok, harus berwajah oriental, punya jari lentik, pandai memasak, tidak bawel, atau apa pun.

8. Kesiapan hubungan

Orang jatuh cinta ketika mereka memang matang dan siap untuk kembali merasakan debaran terhadap orang lain paska patah hati dengan mantan kekasih.

9. Sudah lama jomblo

Orang yang lama menyendiri sudah sewajarnya untuk jatuh cinta. Jatuh cinta pada seseorang akan memberinya energi baru tersendiri.

10. Alasan misterius

Tentu saja yang tahu orang itu sendiri mengapa bisa jatuh cinta. Namun tindakannya bisa kita lihat misalnya tindakan terlalu ekstrem, misalnya menguntit orang yang dicintai sampai ke mana pun dan kapan saja. Atau bisa juga ada orang yang cinta mati sama pentolan gangster yang beringas abis.

Kalau kamu kira-kira yang mana?

BACA JUGA:

Segeralah cari pacar, status jomblo bisa membahayakan kesehatan kamu!

Nggak melulu bikin galau kok, ini 7 keuntungan kalau kamu jadi jomblo

Cowok yang punya banyak mobil mewah dianggap susah dapat pacar!

Ragu mau PDKT sama orangtua pacar? Mudah kok, ini caranya!

Ladies, susah banget cari waktu buat ngobrol sama pacar? Ini solusinya

Pacaran beda agama? Ini hal-hal yang pasti akan kamu alami

10 Hal yang tak perlu kamu korbankan demi pacaran yang langgeng

Yakin mau pacaran sama brondong? Pikir-pikir lagi deh

Mau LDR mu sukses? Pelajari dulu nih jurus-jurusnya