Brilio.net - Kalau ditanya mengenai pelangi, tentu kamu akan teringat pada lagu masa kecil yang membuat kita hafal susunan warna pelangi, mulai dari merah hingga ungu. Tapi tahukah kamu bahwa setiap pelangi yang sering kita lihat memiliki nama tersendiri sesuai dengan proses terbentuknya?

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh American Geophysical Union Fall Meeting, pelangi terdiri dari berbagai jenis dengan kandungan warna yang berbeda. Dari penelitian ini kemudian diketahui ternyata ada 7 jenis pelangi yang memiliki kemiripan, tapi namanya berbeda seperti berikut ini.

Nah, berikut jenis-jenis pelangi itu, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/1):

1. Roda Pelangi

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!foto: slideshare.net

Loading...

Pelangi roda ini cukup unik dan sangat jarang terjadi. Biasanya pelangi ini terjadi saat awan hitam atau hujan deras terjadi seketika dalam waktu yang sebentar, sehingga menghalangi cahaya matahari.

2. Pelangi Bulan

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!

foto: petapixel.com

Jenis pelangi berikut ini disebut pelangi bulan karena pelangi terjadi atas bantuan sinar matahari yang memancar ke bulan. Biasanya fenomena ini bisa disaksikan saat bulan bersinar pada malam hari.

3. Pelangi awan

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!foto: pinwire.com

Pelangi awan ini cukup unik, jika biasanya pelangi membentuk setengah lingkaran maka pelangi awan ini mengikuti bentuk dari awan tersebut. Pelangi ini tercipta karena adanya butiran-butiran air di awan sebelum terjadi hujan.

4. Pelangi kembar

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!

foto: alaska-in-pictures.com

Pelangi kembar ini akan membentuk dua pelangi dari satu titik yang sama. Fenomena ini diakibatkan oleh kombinasi antara butiran air yang kecil dan besar berjatuhan dari udara menuju bumi.

5. Pelangi Ganda

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!foto: flickr.com

Pelangi ganda adalah fenomena yang jarang terjadi bahkan bisa saja hanya terjadi sekali setahun. Seperti diberitakan oleh CCN, pertengahan 2015 yang lalu masyarakat kota Sydney beruntung dapat menikmati fenomena langkah ini. Pelangi ganda dapat terjadi karena biasan matahari yang menerpa kristal air yang kemudian terpantulkan oleh krital air yang ada di bawahnya.

6. Pelangi pantulan dan terpantulkan

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!foto: othersideofscience.com

Macam pelangi berikutnya adalah pelangi pantulan dan terpantulkan. Pelangi pantulan merupakan pelangi yang terjadi karena adanya pantulan dari genangan air. Sedangkan pelangi terpantulkan adalah pelangi yang muncul karena cahaya yang dibelokkan oleh air, jadi air tidak memantulkan pelangi tapi membelokkannya.

7. Pelangi Api

Ini 7 jenis pelangi yang sering nongol di seluruh dunia, indah banget!foto: io9.com

Keberadaan pelangi api beberapa bulan terakhir bisa terlihat dengan mudahnya oleh masyarakat Lowcountry, California Selatan. Pelangi itu akan membentuk komposisi yang tidak biasa seperti semburan api.

Seorang ahli meteorologi bernama Justin Lock sempat menjelaskan bahwa fenomena pelangi api ini disebabkan oleh adanya awan cirrus dengan kristal es yang berada di ketinggian. Sehingga saat sinar matahari menerpa dari posisi tertentu, jadilah kristal-kristal es yang terkena awan cirrus menjadi berwarna.

Di antara 7 jenis pelangi itu, manakah yang sering kamu jumpai?