Brilio.net - Kecanggihan teknologi satelit sudah bisa dinikmati masyarakat sejak satu dekade terakhir. Adalah Google melalui layanan Google Earth-nya sebagai pelopor layanan citra satelit yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Tapi siapa sangka, teknologi yang bisa merekam seluruh sudut bumi ini ternyata pernah menangkap beberapa tempat aneh dan unik. Apa saja ya?

BACA JUGA: 9 Tempat misterius yang ada di dunia tapi tak bisa tertangkap Google Earth, ngeri

Dikutip dari livescience oleh brilio.net, Kamis (18/2), berikut 13 lokasi paling aneh dan unik yang pernah tertangkap oleh Google Earth. Dijamin bikin kamu tercengang!

1. Phantom Island

Loading...

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earth

Pada tahun 2012, sekelompok peneliti Australia menemukan sebuah pulau seukuran Pula Manhattan, New York di Samudera Pasifik Selatan. Tempat misterius yang disebut Sandy Island itu muncul di Google Earth sebelah barat laut dari Kaledonia Baru. Tetapi ketika para ilmuwan berlayar ke sana pada bulan November 2012, mereka tidak menemukan sama sekali dataran layaknya sebuah pulau.

2. Danau 'darah'

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earth

Di luar Kota Sadr, Irak, tepatnya pada koordinat 33.396157 ° N, 44.486926 ° E, terletak sebuah danau berwarna merah seperti darah. Belum ada penjelasan resmi terkait penampakan danau dengan warna yang aneh ini.

3. Karya seni semut merah

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earth

Pola 'polkadot' aneh ditemukan di sekitar daerah Vulcan's Throne, sebelah utara Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat. Setelah diteliti, pola tersebut adalah hasil pekerjaan semut. Dimana gurun di sekitar Grand Canyon merupakan rumah bagi semut Red Harvester. Serangga yang dapat membuat gundukan sarang sekitar 47 inci (120 cm).

4. Pulau dalam danau

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earth

Pulau unik itu berupa sepotong daratan seluas 4 hektar di Kanada yang terletak di koordinat 69,793° LU, 108,241° BB. Pulau tak bernama ini berada di tengah sebuah danau yang terletak di pulau yang lebih besar. Semuanya berada di dalam rangkaian danau memanjang seperti jari di daratan sejauh 75 mil dari pantai selatan pulau Victoria, suatu daratan di bagian utara Kanada.

5. Kuburan pesawat

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earth

Pangkalan Udara Davis Monthan di Tucson, negara bagian Arizona merupakan area bagi 'bangkai' pesawat-pesawat militer Amerika Serikat. Dikenal dengan julukan 'kuburan' pesawat, area seluas 10,52 kilometer persegi ini berada di koordinat 32 08'59,96" LU, 110 50'09,03"BB dan tertutup untuk umum. Namun, lewat Google Earth kamu bisa melihat apa yang ada di area itu. Termasuk hampir semua jenis pesawat tempur yang pernah ada sejak Perang Dunia II, mulai dari B-52 StratoFortress hingga F-14 Tomcat.

6. Tulisan nama terbesar di dunia

13 Lokasi paling aneh di dunia ini pernah 'ketahuan' Google Earthfoto: versesofuniverse.blogspot.com

Seorang Sheikh triliuner bernama Hamad bin Hamdan al Nahyan dan anggota keluarga penguasa di Abu Dhabi, membuat ukiran namanya di permukaan berpasir di pulau al Futaisi (di Teluk Persia) miliknya. Tulisan 'HAMAD' setinggi 1,6 kilometer sepanjang 3,2 kilometer ini bisa jadi merupakan yang terbesar di dunia dan dapat terlihat dari angkasa.

MASIH ADA LAGI LAINNYA LHO..

NOMOR 9, 11 DAN 13 BIKIN MELONGO..

KLIK NEXT ~