Brilio.net - Browser apa yang kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya? Internet Explorer? Mozilla Firefox? Atau Google Chrome? Kalau menurut kebanyakan survei sih, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan browser besutan Google, yakni Chrome, untuk keperluan browsing mereka.

Ya nggak heran lah, Chrome memang sudah terkenal sejak dahulu sebagai salah satu browser yang paling cepat, enteng, dan nggak banyak menggunakan banyak 'hiasan' pada tampilan antar mukanya. Kamu sekarang pasti juga sedang menggunakan Chrome untuk browsing situs brilio.net ini kan? Hayooo, ngaku deh!

Tapi buat kamu yang sudah menggunakan produk Windows terbaru, Windows 10, ada baiknya kamu tidak lagi menggunakan browser Google Chrome deh! Lho, kok gitu? Sebab, menurut uji coba yang sudah dilakukan oleh tim Digital Citizen, browser Chrome terbukti jauh lebih boros ketimbang browser populer lainnya. Hah, kok bisa ya?

Dikutip brilio.net dari digitalcitizen, Kamis (22/10), dalam penelitiannya tersebut, tim dari Digital Citizen menguji coba tingkat keawetan baterai dengan membandingkan lima macam browser populer secara bergantian di tiga merek laptop yang telah dioperasikan menggunakan Windows 10, yaitu ASUS ZenBook UX305F, Microsoft Surface Pro 3, serta Toshiba Portege Z20t-B.

Kelima browser yang digunakan dalam uji coba ini juga sudah diupdate ke versi paling baru dari mulai Mozilla Firefox 41, Opera32, Google Chrome 46, Microsoft Edge 20, serta Internet Explorer 11. Pada semua browser tadi lalu dijalankan dengan settingan dasar, tanpa menggunakan fitur tambahan lainnya.

Jangan browsing pakai Chrome kalau mau baterai laptopmu lebih awet!

Ketiga laptop kemudian disetting menggunakan mode balance serta tambahan pengaturan dimana layar laptop tak akan mati sehingga laptop tak sampai memasuki mode sleep, kecuali jika baterai benar-benar habis. Hal ini dilakukan demi mengetahui sejauh mana sih, ketiga laptop tersebut dapat bertahan jika dipakai browsing non-stop.

Jangan browsing pakai Chrome kalau mau baterai laptopmu lebih awet!

Dalam pengujiannya ini, tim Digital Citizen menggunakan sebuah aplikasi tambahan, Peacekeeper Battery Test untuk mengukur hasil yang di dapat dengan melakukan tes sebanyak dua kali pada setiap browser di masing-masing laptop, kemudian menghitung hasil rata-rata dari masing-masing perangkat. Lalu bagaimana hasilnya?

Dari tes yang dilakukan, kamu bisa melihat bahwa untuk mendapatkan penggunaan baterai laptop yang lebih optimal, maka aktivitas browsing yang kamu lakukan di laptop bersistem operasi Windows 10 sebaiknya dijalankan dengan menggunakan browser Internet Explorer maupun Microsoft Edge, browser bawaan Windows 10.

Jangan browsing pakai Chrome kalau mau baterai laptopmu lebih awet!

Sedangkan Google Chrome sendiri hanya dapat digunakan berselancar selama 3,4 jam pada laptop ASUS, 2,5 jam pada Microsoft Surface 3, serta 4,7 jam pada laptop Toshiba. Wow! Kamu masih mau tetap setia menggunakan browser Chrome?