Brilio.net - Apakah kamu tahu? Kemajuan teknologi saat ini semakin membuat semua hal menjadi lebih mudah. Mulai dari segi mendapatkan informasi atau berkomunikasi. Kini kita bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah di era digital. Sudah banyak berita dan info yang tersedia di internet yang bisa kita akses kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan mengakses internet ternyata berpengaruh pada kelancaran komunikasi yang kini semakin mudah dan cepat. Dengan fitur-fitur canggih yang ada, kita bisa berkomunikasi tatap muka meski berada di lokasi yang jauh. Selain itu, ternyata kemajuan teknologi juga dirasakan oleh para gamer.

Salah satu kemajuan teknologi adalah adanya game yang bisa digunakan sebagai media hiburan saat merasa suntuk atau bosan. Para pemain game atau yang sering disebut gamers pun kini menjadi salah satu sosok yang disegani. Pasalnya, game sekarang sudah lebih dari sekadar media hiburan saja. Sebenarnya, banyak hal selain hiburan saja yang bisa didapatkan dari sebuah games seperti edukasi dan keahlian khusus yang mengasah kemampuan logika kita dalam mengatur strategi untuk memenangkan games tersebut.

Selain itu, beberapa game pun hadir dengan jenis permainan yang penuh dengan tantangan. Tentunya saat memainkannya membutuhkan keseriusan dalam menyelesaikan tantangan. Biasanya game-game yang memiliki banyak tantangan ini bergenre strategic game. Permainan tersebut mengharuskan kita untuk mengatur strategi dalam setiap tahap permainannya.

Salah satu jenis game strategi yang populer adalah game yang bertemakan peperangan kerajaan. Setiap level atau tahapan dari permainan perang ini seru banget! Pasalnya, pemain atau gamer yang terlibat dalam perang kerajaan ini menjadi pengendali siasat.

Loading...

Gamer jadi seorang pengatur serang atau komandan perang dalam dunia game kamu sendiri. Kamu bisa memilih strategi yang paling tepat sesuai keinginanmu. Kamu bisa membangun kerajaan agar berjaya dan memenangkan perang.

Nah, ngobrolin soal game perang kerajaan, ada banyak game perang kerajaan yang bisa kamu coba. Cocok banget nih buat kamu yang sedang mencari game seru dan menantang. Brilio.net telah merangkum deretan game perang kerajaan paling seru 2018.

Game bertema peperangan ini tak hanya dimainkan lewat PC Windows saja, lho. Ada juga game perang yang tersedia di Android sehingga kamu lebih ringan saat memainkannya. Game perang ini bakalan mengasah skill ketangkasan. Dengan smartphone, kamu bisa main game perang yang seru.

Penasaran apa aja game perang yang seru? Berikut 20 daftar game perang yang brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Senin (19/11).

1. Game Widelands

games perang © 2018 brilio.net

foto: wl.widelands.org

Game Wideland ini adalah game yang tersedia di Windows PC. Pada awal permainan Widelands, peran kamu pada awalnya hanya seorang pemimpin di sebuah klan kecil. Kemudian kamu bisa memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di sekitar wilayahmu. Dengan berjalannya waktu permainan, kamu bisa membangun pemukiman hingga berkembang. Klan atau kerajaanmu bisa berkembang dengan cepat jika memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya yang ada, seperti kayu, makanan, besi, emas dan banyak lagi.

Saat bermain game Widelands, kamu tidak sendirian di dalam permainan. Cepat atau lambat kamu akan bertemu dengan kerajaan lain. Nah, beberapa dari kerajaan lain mungkin ramah dengan kamu dan akan melakukan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan. Namun, di lain sisi kamu juga wajib waspada dengan klan-klan lain yang mungkin akan mengobarkan permusuhan.

Dalam permainan, kamu memiliki misi untuk menguasai dunia sehingga kamu harus melatih tentara dan melakukan peperangan dengan kerajaan lain. Selain itu, kamu juga harus mengatur ekonomi dengan sangat baik agar kerajaan yang kamu pimpin menjadi yang terbaik.

2. Forge of Empires

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Dalam game Windows PC ini kamu bisa mengatur ulang perencanaan kota, lho. Kamu akan memerintah kerajaan melalui tahap awal peradaban manusia. Mulai dari zaman batu, lalu maju ke abad pertengahan. Kamu harus memperhatikan perkembangan kekaisaran selama berabad-abad, mengelola dan menghasilkan sumber daya, hingga membangun tentara yang kuat. Dalam game ini, ada perkembangan di tiap sesinya, jadi kamu harus berupaya memaksimalkan sumber daya yang ada untuk membangun kerajaan di peradaban tertentu.

3. Warzone 2100

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Game Warzone 2100 adalah game strategi perang kerajaan gratis dan bersifat open source di Windows PC. Menu-menu yang bisa kamu terlusuri dan mainkan pada game ini yaitu campaign, online multi-player dan single-player skirmish modes. Cerita game Warzone 2100 yaitu mengkomando tentara pada pertempuran untuk membangun kembali dunia, setelah umat manusia nyaris binasa akibat penggunaan bahan nuklir sebagai senjata di dalam peperangan. Cerita game ini juga tentang peperangan di tahun 2100.

4. The Settlers

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Pada game The Settlers Online, kamu akan memimpin pemukiman di wilayahmu, mengelola sumber daya, membangun rumah, hingga memperluas kekuasaan kerajaan. Kamu akan bermain untuk merebut banyak wilayah dan membangun kota menuju kemakmuran. Kamu harus mempersiapkan strategi terbaik untuk kemakmuran kerajaan kamu. Hati-hati dengan serangan kerajaan lain, karena itulah kamu harus memanfaatkan sumber daya alam seperti batu dan kayu untuk membuat pertahanan di kerajaanmu.

5. Unknown Horizons

games perang © 2018 brilio.net

foto: alternatevo.net

Unknown Horizons adalah game Windows PC, kamu bisa membangun kota atau kerajaan ala abad medieval, dengan genre real time strategy. Pada awal permainan, kamu akan mendirikan pemukiman di sebuah pulau. Seiring berjalannya waktu, pemukiman yang kamu bangun nantinya akan semakin luas.

Atur dengan baik berbagai kebutuhan yang diperlukan pada wilayah kekuasaan kamu. Permainan bisa semakin seru saat musuh menyeranng, kamu harus mempertahankan wilayah dengan baik. Peperangan terjadi di darat maupun lautan. Agar bisa sukses di permainan maka dirikan dan kelola dengan baik berupa wilayah pemukiman, kawasan industri, sumber daya dan lainnya.

Jangan lupa lakukan diplomasi dengan kerajaan lain untuk menjalin kerjasama. Buat perjanjian perdagangan hingga perjanjian damai dengan musuh apabila kondisi tidak memungkinkan untuk berperang.

6. Stronghold Crusader II

games perang © 2018 brilio.net

foto: mobygame.com

Game Stronghold Crusader II adalah game Windows PC. Pada game Stronghold Crusader II nantinya kamu akan mengembangkan benteng kerajaan sendiri, dengan berbagai elemen taktis yang perlu diterapkan. Hal penting lainnya yaitu kamu harus bisa mengelola ekonomi dengan sangat baik.

Pembangunan ekonomi sangat penting agar kamu bisa memperoleh banyak emas atau gold yang nantinya sangat diperlukan dalam perekrutan tentara. Bangun benteng dan pasukan yang nantinya akan sulit ditembus oleh pasukan lawan. Peperangan pada game Stronghold Crusader ini bersifat rumit, berkat banyaknya unit yang tersedia.

Di awal permainan, kamu dan musuh-musuh akan cepat-cepatan untuk membangun benteng dan ekonomi, demikian juga merekrut tentara. Permainan yang bersifat real time membuatmu harus secepat mungkin dalam melakukan pembangunan, serta harus sigap dalam memobilisasi pasukan untuk menjaga keamanan kerajaan.

7. Dragons of Atlantis

a © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Game perang kerajaan selanjutnya adalah Dragons of Atlantis. Game Windows PC ini merupakan game strategi online yang dimainkan secara gratis. Seperti namanya, "Dragon", terdapat unsur naga di dalam permainannya. Pada game Dragon of Atlantis nantinya kamu akan dituntut untuk membangun kerajaan yang kuat. Terdapat fitur untuk mengembangbiakkan naga pribadi agar semakin memperkuat kerajaan.

8. Maritime Kingdom

games perang © 2018 brilio.net

-foto: play.mob.org

Game Maritime Kingdom ini adalah game Android yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Maritime Kingdon adalah game perang kerajaan yang berfokus pada kekuatan militer di laut. Fokus game ini adalah perebutan kekuasaan kerajaan yang terjadi di wilayah perairan kerajaan.

Bangunlah armada dan pertahanan untuk melawan musuh seperti perampok di laut. Selain itu kamu juga akan bermain untuk mengembangkan rute perdagangan, mengumpulkan sumber daya berharga, melakukan hubungan diplomatik yang baik dengan negara-negara lain, dan menemukan lahan baru.

9. Empire: Four Kingdoms

games perang © 2018 brilio.net

foto: mobygame.com

Game perang kerajaan di Android selanjutnya adalah Empire: Four Kingdoms. Pada game ini kamu bisa membuat suatu aliansi untuk bertempur melawan aliansi lainnya. Perkuat kerajaanmu dengan cara menambah pasukan perang. Pasukan tersebut nantinya akan menjalani banyak pertempuran.

Selain itu, lakukan perdagangan agar bisa membangun ekonomi secara pesat dan meningkatkan kesejahteraan negeri yang kamu pimpin. Apabila kerajaanmu kuat maka kamu akan memiliki kesempatan besar untuk memperluas kerajaan. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah upgrade pasukan dan juga senjata sehingga kekuatan militermu akan semakin meningkat. D permainan ini, kamu berperan layaknya seorang kaisar perkasa yang akan memainkan strategi MMO berlatar dari abad pertengahan.

10. King’s Empire

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

King’s Empire adalah game strategi Android. Nantinya saat permainan, kamu akan memiliki tugas untuk membangun wilayah sembari melatih pasukan. Kamu akan menjalani banyak pertempuran nantinya. Pertahankan kotamu dengan cara meningkatkan pertahanan panah menara, membuat perangkap dan dinding, dan hal-hal lainnya. Hal lainnya yang sangat penting adalah memanfaatkan seoptimal mungkin sumber daya yang ada agar kerajaanmu semakin maju dan kuat.

11. Anno: Build an Empire

games perang © 2018 brilio.net

foto: androidcommunity.com

Permainan ini mempunyai fokus besar terhadap pembangunan ekonomi, disamping ada sedikit unsur peperangan. Pada game ini kamu akan membuat negeri dengan kondisi perekonomian yang stabil dan kuat, sehingga akan membuat banyak populasi lain tertarik untuk tinggal di negeri yang kamu pimpin. Kamu akan diberikan sejumlah tanah untuk dikelola, serta perluas batas wilayah negeri. Pertahankan kerajaanmu dari serangan musuh agar kamu tak hancur dan kalah.

12. Kingdoms And Lords

games perang © 2018 brilio.net

foto: appcake.net

Bisa dibilang Kingdoms And Lords adalah salah satu game strategi perang kerajaan offline terbaik untuk Android. Game ini bercerita tentang sebuah desa yang awalnya damai dan aman namun akhirnya terjadi peperangan. Perang yang tersulut mengharuskan para ksatria untuk mempertahankan kerajaannya.

Para ksatria memiliki misi penting untuk mempertahankan keamanan kerajaan. Game ini menggunakan simulasi abad pertengahan, dimana kamu nantinya akan memperluas lahan, menanam tanaman, hingga juga memelihara hewan. Selain memperhatikan aspek militer, kamu juga harus memperhatikan aspek ekonomi untuk kemakmuran kerajaan kamu.

13. Throne Rush

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Throne Rush adalah sebuah permainan strategi seketika. Di sini kamu akan membangun kerajaan sendiri dalam sebuah dunia fantasi abad pertengahan. Untuk mencapai tahta, kamu harus menyerang semua musuh yang ada.

Di awal petualangan, pemain Throne Rush memiliki sebuah desa kecil yang memiliki sedikit penduduk. Tentunya setelah kamu melaju dan menggulingkan banyak musuh, desa kamu akan berkembang hingga menjadi sebuah kerajaan sungguhan. Kamu bisa membuat hingga 20 jenis bangunan, mulai dari kincir air atau lumbung padi hingga barak yang berguna untuk merekrut pasukan.

Throne Rush memungkinkan kamu untuk merekrut hingga 10 pasukan berbeda yang bisa digunakan selama pertempuran. Prajurit darat adalah pasukan yang paling dasar, namun tersedia pula pasukan penyihir, pemanah dan bahkan mahluk mitologi seperti naga.

14. Clash of Clans

games perang © 2018 brilio.net

foto: androidcommunity.com

Siapa yang tidak tau game ini? Game ini adalah salah satu game yang sangat populer di tahun 2015-2016 yang masih asyik dimainkan saat ini. Clash of Clans adalah permainan manajemen dan strategi tempo real.

Bermain Clash of Clans, kamu harus mendirikan sebuah desa tempat anggota klan pemberani. Kamu harus menciptakan kehidupan mereka untuk menjadi prajurit yang tangguh untuk mengalahkan kamp musuh yang bisa kamu ajak bertanding perang. Permainan dibagi menjadi dua tahap berbeda. Pada tahap pertama kamu harus membangun struktur dan menyewa warga, sementara di tahap kedua kamu masuk ke pertarungan strategi tempo real tempat kamu bisa memamerkan skill bermain kamu di sini.

15. DomiNations

games perang © 2018 brilio.net

foto: gamenations.com

Game perang kerajaan Android selanjutnya adalah DomiNations. Game DomiNations ini mempunyai tujuh negara berbeda yang bisa dipilih, antara lain Inggris, Romawi, China, Jerman, Perancis, Jepang, dan Yunani. Setiap negara akan memulai sejarahnya dari zaman batu.

Tugas pemain adalah membangun kerajaan ke zaman yang lebih modern. Banyak fitur yang tersedia di game ini seperti perang kerajaan lain. Dan tentunya yang menarik adalah kerajaan di game ini adalah kerajaan lintas peradaban yang semakinberwarna dan memiliki beragam kekuatannya sendiri.

16. Game of War: Fire Age

games perang © 2018 brilio.net

foto: levelwinner.com

Game of War: Fire Age adalah sebuah gim strategi multipemain seketika. Di sini kamu bisa mengelola kerajaan dengan cara mendirikan berbagai bangunan, melatih pasukan, membeli teknologi baru, dan tentunya menghancurkan musuh-musuh.

Hal terpenting mengenai Game of War: Fire Age adalah elemen yang berhubungan dengan pengelolaan kota. Kamu akan mendirikan berbagai macam bangunan, mulai dari lumbung, kilang gergaji, kuil, hingga barak pelatihan untuk pasukan. Kamu sendiri yang akan mengelola kota, mengumpulkan sumber daya dan mendirikan bangunan. Elemen lain yang sangat penting dalam game ini adalah karakter multipemain sosialnya.

Kamu bisa membaca interaksi antara pemain menggunakan fitur obrolan langsung dan tentunya bisa berkomunikasi dengan setiap pemain, mengajukan pertanyaan atau membangun aliansi. Setelah kamu membentuk pasukan yang bagus, menyelesaikan beberapa misi dan mempunyai cukup kekuatan militer, kamu bisa membawa pasukan untuk berperang. Ketika melakukannya, kamu harus menunjukan keahlian dalam mengatur pasukan dengan seketika.

17. Conqueror Blades

games perang © 2018 brilio.net

foto: mmogames.com

Pada gamenya nanti kamy akan bermain sebagai jendral dengan karakterstik senjata dan kekuatan yang berbeda-beda. Kamu juga dapat mengendalian sampai dengan 40 pasukan yang harus dikendalikan dengan cara tertentu agar kekuatan masing-masing pasukan menjadi efektif. Jendral itu sendiri memiliki kemampuan yang unik. Ia juga memiliki kemampuan yang bisa diupgrade apabila level yang kamu capai juga bertambah.

Pasukan pada game ini terbilang unik, kalian bisa membuat mereka untuk melakukan chavalary charge di mana mereka akan melakukannya secara bersamaan. Bukan cuma itu, pasukan juga bisa melontarkan panah api agar pertarungan semakin sengit. Lingkungan pada game ini juga akan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, cuaca, sistem siang malam, dan juga bentuk medan.

18. Crafting Kingdom

games perang © 2018 brilio.net

foto: ApunKaApps.com

Dalam game ini kamu akan ditugaskan untuk mengembangkan kerajaan. Perkembangan kerajaan ada di tangan para pemain. Di game Crafting Kingdom ini kamu bisa membuat segala macam peralatan yang dibutuhkan rakyat. Selain itu juga, terdapat beragam macam misi yang harus dilalui oleh para pemain Crafting Kingdom. Buat kerajaanmu semakin besar dan semakin kuat agar rakyat bisa hidup dengan makmur.

19. European War 4: Napoleon

games perang © 2018 brilio.net

foto: microsoft.com

Game Android ini bertema tentang strategi perang kerajaan di abad ke-18. Masa itu merupakan masa kejayaan Napoleon Bonaparte, seorang jendral perang terkenal dari Perancis. Pada game ini terdapat pemimpin-pemimpin terkenal yang bisa kamu pilih, seperti Napoleon, Wellington, Kutusov, Murat, Nelson, hingga Washington. Kamu juga bisa memilih salah satunya. Dalam permainan, sering-seringlah melakukan upgrade skill agar meningkatkan kekuatan serangan.

20. Assassin’s Creed Pirates

games perang © 2018 brilio.net

foto: androidcommunity.com

Game perang offline Android ini akan membuat Anda melakukan simulasi untuk menjelajahi laut Karibia yang sangat luas. Di dalam permainan, Anda akan membuat kapal, mempersiapkan kru-nya, dan lainnya. Anda akan melawan musuh di lautan. Di sini kamu diberikan misi kerajaanmu untuk menyebarkan kekuasaan dan melakukan berbagai pertempuran di samudera.

Reporter: mgg/ Renno Hadi Ananta