Tak ada yang tahu apa motif sang putri menggunting uang tersebut. Saat ditanyai oleh sang ibu, anak kecil itu menjawab dengan polos kalau dia pengin menggunting belaka.

"Nggak tau, karena adik mau menggunting sekarang,” jawab sang anak ketika ditanya sang ibu.

Sang ibu pun dengan sabar menjelaskan kalau uang mestinya tak digunting. Sebab, itu bikin uang tak lagi bisa terpakai. Akhirnya, anak kecil itu pun meminta maaf dan berjanji tak akan mengulanginya lagi. Akhirnya, anak kecil itu pun meminta maaf dan berjanji tak akan mengulanginya lagi.

"Jangan uang yang digunting, Nak. Kalau uangnya digunting jadi rusak, jadi nggak bisa dipakai lagi," kata sang ibu.

Uang jatah bulanan digunting © TikTok

foto: TikTok/@mahisaka_

Di videonya yang lain, pengunggah pun lantas coba-coba menyambung uang kertas yang sudah digunting oleh anaknya itu. Hasil sambungannya belum diperlihatkan di akun tersebut. Namun, aksi pengunggah saat menyambung uang itu menghabiskan waktu sekitar 4 jam, dari pukul 00.00 WIB sampai 04.00 subuh.

Mungkin pengunggah mencoba menyambung uang itu supaya bisa ditukar ke Bank Indonesia (BI). Uang yang rusak memang bisa ditukar ke bank dengan beberapa syarat. Untuk uang kertas, misalnya, harus lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya. Selain itu ciri uangnya harus bisa dikenali.

Uang jatah bulanan digunting © TikTok

foto: TikTok/@mahisaka_

Jika syarat uang yang hendak ditukar memenuhi syarat, pengaju mengakses laman https://pintar.bi.go.id/Order/UangRusak. Setelah itu akan ada pilihan perihal lokasi dan tanggal pemesanan. Jika sudah memilih, tinggal melengkapi data pemesanan, mengunduh buktinya untuk dibawa kantor BI di waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Uang jatah bulanan digunting © TikTok

foto: TikTok/@mahisaka_

Alhasil, unggahan @mahisaka_ tentang uang yang digunting itu viral di TikTok hingga ditonton belasan juta kali. Salah satu unggahannya yang paling viral dilihat 13,3 juta kali, disukai 403,7 ribu kali, dan dikomentari 8550 kali.

Beberapa komentarnya memperingatkan betapa pentingnya bagi para ibu untuk waspada terhadap toddler, yaitu tingkah laku balita yang bisa berakibat buruk buat benda-benda di rumah.

Pokonya yg punya toddler jangan ampe lengah ..kedip bentar aja proyek nya berjalan," ujar akun @yogurtcimory171.

Sumpah aku gak ngeh awalnya ngira buka celengan terus di makan rayap tapi kok rapi banget, ternyata proyek toddler," tulis akun @ay_259u.

Punya toddler tuh Masya Allah bgt,. makanya aku sekarang semua taruh atas," komentar akun @viia408.

 

@mahisaka_

Jangan ajari aku sabar

original sound - rannunn