Brilio.net - Seorang wanita mengaku bahwa dia senang sekali mengunyah bongkahan es batu. Sensasi kesegaran di dalam mulut membuatnya terus ketagihan. Ternyata hobi ini justru menimbulkan masalah yang serius. Dia membagikan kisahnya lewat postingan TikTok yang diposting oleh akun @chuznulmim.

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh sejumlah orang. Pasalnya itu dianggap sebagai tindakan sepele yang biasanya tidak dianggap membahayakan. Namun, wanita ini menjadi bukti bahwa mengunyah es baru adalah rutinitas yang berbahaya, dia sampai harus masuk ke rumah sakit dan dioperasi.

Menurut pengakuan wanita itu, dia juga sering memakan apel secara utuh tanpa dipotong-potong terlebih dahulu. Apalagi, beberapa kali juga sering tertawa dan menguap dengan mulut terbuka lebar. Jadi selain perkara es batu, kondisi kesehatannya juga dipengaruhi oleh tindakan-tindakan sepele lainnya.

Berdasarkan hasil diagnosis dokter, wanita ini divonis mengalami Temporomandibular Joint (TMJ) Disorder atau gangguan sendi rahang.

Menurut artikel yang diterbitkan oleh Nation Institute of Dental and Craniofacial Research, TMJ adalah kondisi yang menyebabkan nyeri dan disfungsi pada sendi rahang dan otot yang mengontrol pergerakan rahang.

operasi gara-gara es batu © TikTok

operasi gara-gara es batu
TikTok/@chuznulmim

TMJ hanya mengacu pada sendi temporomandibular itu sendiri. Setiap orang memiliki dua TMJ satu di setiap sisi rahang. Seseorang bisa merasakannya dengan meletakkan jari di depan telinga dan membuka mulut.

Sementara artikel yang berjudul "Temporomandibular Disorder" yang terbit di Johns Hopkins Medicine mengatakan bahwa seringkali, penyebab gangguan ini tidak jelas. Namun, penyebab utama yang sering ditemukan adalah akibat ketegangan berlebihan pada sendi rahang dan otot yang mengontrol mengunyah, menelan, dan berbicara.

Ketegangan tersebut bisa terjadi saat sedang mengonsumsi makanan yang keras, salah satunya adalah es batu. Selain itu, untuk apel seseorang harus memaksa membuka mulutnya lebar-lebar saat memakannya. Ini pun bisa menjadi penyebab dari TMJ.

Wanita tersebut mengaku bahwa sia sudah 3 tahun merasakan gejalanya. Yaitu sakit di bagian rahang kiri dan menjalar ke bagian kanan. Bahkan saat menguap ia hanya bisa membuka mulut selebar 3 jari saja.