Kota Sidoarjo ? Sidoarjo merupakan kota yang Anda lewati jika akan ke Kota Malang dari arah Surabaya. Apakah Anda tahu jika Sidoarjo memiliki berbagai makanan khas yang wajib untuk dinikmati ketika kalian berkunjung? Simak selengkapnya yuk!

1. Lontong Kupang

Yuk, nikmati kelezatan 3 makanan khas dari Kota Udang Sidoarjo

Jangan ngaku pernah ke Sidoarjo jika kalian belum menikmati kelezatan dari makanan ini. Makanan paling khas asal Sidoarjo ini tidak berbeda jauh pada makanan yang berbahan dasar lontong lainnya. Lontong Kupang memiliki 3 bahan dasar paling istemewa yaitu kupang, lentho, petis.

Lontong Kupang biasanya disajikan bersama dengan sate kerang dan es kelapa muda. Karena jika tidak rasanya kurang pas jika hanya menikmati lontong kupang.

2. Bandeng Asap

Yuk, nikmati kelezatan 3 makanan khas dari Kota Udang Sidoarjo



Saking terkenalnya bandeng di Sidoarjo sampai dijadikan logo kota Sidoarjo bersanding dengan udang. Bandeng satu ini diolah dengan menggunakan asap yang keluar dari batok kelapa dan serabutnya sehingga bandeng tidak gosong seperti halnya jika dipanggang di atas batok kelapa.Ketika ingin menikmati bisa dihangatkan lalu dimakan dengan sambal petis.

3. Petis

Yuk, nikmati kelezatan 3 makanan khas dari Kota Udang Sidoarjo

Petis merupakan sambal khas Sidoarjo yang terbuat dari dari sisa olahan ikan yang dipanasi hinggamenjadi kental seperti saus yang lebih padat. Setelah itu dicampurdengan gula merah atau gula bathok yang menyebabkan warnanya menjadi cokelat kehitam-hitaman dengan rasamanis. Biasanya Petis biasa dipakai sebagaipenyedap rasa(seasoning) pada beberapa makanan seperti rujak cingur, tahu campur dan masih banyak lagi.