Bagi anda yang suka menjelajah ruang dan waktu yang ada di masa lalu, salah satu tempat wisata sejarah yang bisa anda kunjungi adalah Fort Sanrobone.

Wisata sejarah Fort Sanrobone Makassar

Fort Sanrobone atau Benteng Sanrobone adalah benteng peninggalan Kerajaan Sanrobone. Terletak di sebelah selatan Kota Makassar, berjarak sekitar 60 km dari Kota Makassar, berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Sebagaimana benteng pertahanan kerajaan Gowa Tallo, Benteng Sanrobone juga terbuat dari batu bata, dengan ketebalan dinding tembok selebar empat meter. Konon benteng ini dahulu mempunyai tinggi enam meter, namun reruntuhan yang nampak saat ini hanya tersisa sekitar dua meter saja dari permukaan tanah. Adapun benteng ini mempunyai garis keliling kurang lebih 2.300 meter dengan luas kurang lebih 23 Ha. Benteng ini di bangun (dengan batu bata) dimasa pemerintahan Raja/ Karaeng Sanrobone VII, Tumenanga ri Batana.

Dalam lokasi benteng, terdapat beberapa situs bersejarah seperti makam dari Karaeng Sanrobone pertama yang dikenal dengan nama Karampang Cambelong atau yang lebih populer dengan sebutan Karaeng Panca Belong, memerintah di awal abad 15. Selain itu terdapat pula Gadonga (Kompleks Makam tokoh agama Islam di Makassar), Mesjid Tua Sanrobone, Rumah Adat Sanrobone, Kompleks Makam Raja-Raja Sanrobone juga situs Pocci Buttaya ri Sanrobone* (*Pocci Butta ri Sanrobone sama dengan Pusat Tanah Sanrobone). Di sudut benteng, masing-masing terdapat petilasan yang sudah berumur ratusan tahun.

Wisata sejarah Fort Sanrobone Makassar

Wisata sejarah Fort Sanrobone Makassar

Wisata sejarah Fort Sanrobone Makassar

Wisata sejarah Fort Sanrobone Makassar

Sekilas tentang Kerajaan Sanrobone

Kerajaan ini di dirikan oleh Karaeng Panca Belong atau Karampang Cambelong. Sebagaimana dikatakan dalam Lontara Patturioloanga ri Sanrobone (Catatan Kerajaan), bahwa Karampang Cambelong, ialah orang yang pertama kali mengambil daerah Sanrobone dan menjadikannya sebagai permukiman. Sebelum tinggal di Sanrobone, ia tinggal di Manjapai* (*Manjapai adalah nama sebuah daerah yang terletak di sebelah utara Sanrobone, sekarang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa).

Pada awalnya, kerajaan Sanrobone adalah sebuah kerajaan yang berdiri sendiri, namun dalam perjalanannya kerajaan ini menjadi Kerajaan Palili dari Kerajaan Gowa (*Kerajaan Palili adalah sebutan untuk pengikut dari Kerajaan Gowa).