Jadi jomblo itu kadang enak, tapi kadang juga bikin ngenes. Apalagi jika tiba malam minggu. Di saat yang lain, bersiap ngapel, para jomblo harus merana.

Tapi, jangan kemudian, karena terus jadi jomblo, lantas pantas semangat. Jangan sampai karena sudah lama menyandang status jomblo, lalu mengibarkan bendera putih. Jangan sampai seperti itu, hanya karena ditolak oleh si dia yang jadi incaran hati. Tetap berjuang. Jangan cepat menyerah. Apalagi putus asa.

Anggap saja, penolakan cinta yang diterima, itu adalah kebahagian yang tertunda. Anggap saja itu, sebagai ujian. Tes mental, agar lebih kuat dan tegar dikemudian hari. Karena orang terkenal pun, acapkali harus merasakan dulu pahitnya penolakan atau kegagalan. Dan, bukankah keberhasilan yang paling indah, adalah setelah berjuang mati-matian.

Kisah Barack Obama mendapatkan Michelle Robinson atau yang terkenal dengan panggilan Michelle Obama bisa ditiru. Bisa jadi bahan pelajaran berharga. Terutama buat para jomblo.

Wahai para Jomblo, tirulah Obama yang tak menyerah walau ditolak

Jingga Gemilang, dalam buku,
30 Kisah Cinta Paling Inspiratif dan Mengharukan Sepanjang Masa, mengisahkan sekelumit cerita tentang bagaimana Barack Obama, mantan Presiden Amerika Serikat itu mendapatkan cinta Michelle yang sekarang setia jadi istrinya. Ternyata, tidak serta merta Obama langsung mendapatkan cinta wanita yang sekarang jadi pendampingnya.

Obama pun harus merasakan pahit penolakan. Obama sendiri kenal dengan Michelle di kantor firma hukum Sidley Austin. Saat itu, Obama baru lulus kuliah dari Harvard. Sementara Michelle, sudah lebih dulu bekerja di kantor tersebut. Di kantor itu pula, benih cinta Obama tumbuh. Seringnya berinteraksi, membuat Obama kian jatuh hati pada seniornya itu.

Pada satu waktu, Obama coba mengajak Michelle berkencan. Ternyata, bukan jawaban yang bikin riang yang diterima. Tapi, jawaban yang didapat bikin meriang. Ajakan kencan ditolak Michelle. Namun Obama tidak surut langkah. Apalagi kemudian menyerah.

Setelah selang beberapa waktu kemudian, ajakan kencan kedua dilayangkan. Lagi-lagi, ajakan kencan kedua pun ditolak Michelle. Tapi, penolakan yang kedua kalinya tak membuat Obama patah arang. Ia tetap menunggu momen tepat. Berharap, Michelle berubah pikiran, membuka pintu hati, dan menerima cintanya.

Ajakan kencan ketiga pun, kembali diutarakan. Sekali lagi, ajakan kencan itu juga ditolak. Bahkan, Michelle coba menjodohkan Obama dengan wanita lain. Tapi Obama bergeming. Ia sudah kadung jatuh cinta pada Michelle. Kembali, Obama mengajak kencan Michelle untuk yang keempat kalinya. Entah karena sudah capek, atau karena Obama ngeyel, untuk kali ini Michelle akhirnya mau diajak kencan.

Kencan pertama, setelah tiga kali ditolak berlanjut dengan kencan-kencan berikutnya. Sampai kemudian Obama melamar Michelle di sebuah restoran mewah di Amerika Serikat. Baru, pada bulan Oktober 1992, Obama resmi menikahi wanita yang sempat menolaknya tiga kali itu. Jadi, untuk para jomblo tirulah Obama. Ditolak cinta oleh si pujaan hati, bukan berarti dunia sudah kiamat. Apalagi jika sampai nekad gantung diri. Contohlah Obama, tiga kali ditolak, tetap semangat. Dan bukan dukun yang bertindak. Tapi mencoba, mencoba, mencoba dan mencoba lagi.