Jika mendengar tentang psikopat tentu yang terbayang adalah hal-hal yang menyeramkan berbau psikologi dan jugapembunuhanyang bikin bulu kuduk berdiri. Namun, bagaimana jika sosok psikopat diangkat menjadi sebuah film bergenre thriller yang menegangkan? Inilah beberapa tokoh film yang berhasil memerankan seorang psikopat dan membuat penonton merinding dibuatnya. Yuk simak di bawah ini, guys!

1. Anny Dunne dari Gone Girl(2014)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

Sosok pertama adalah Anny Dunne yang diperankan Rosamund Pike, wanita yang awalnya dianggap Nick Dunne(Ben Affleck) sebagai istri idaman, cantik dan seorang penulis. Namun siapa sangka, Anny Dunne adalah sosok yang perhitungan terlebih saat Nick Dunne dipecat dari pekerjaannya. Anny Dunne akhirnya merencanakan kehilangannya dan membunuh orang tanpa merasa bersalah sedikitpun dengan cara yang sadis.

2. Patrick Bateman dari American Psycho (2000)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

Sosok berikutnya adalah Patrick Bateman yang diperankan Christian Bale. Patrick Bateman dikisahkan memiliki hidup yang sempurna, kayaraya, bisnis yang lancar, pacar yang cantik dan segalanya. Namun dibalik kesempurnaannya, Patrick Bateman adalah seorang yang berhati dingin hingga membunuh orang-orang tanpa ampun hanya karena merasa tersaingin oleh Paul Allen(Jared Letto).

3. Annie Wilkes dari Misery (1990)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

Berikutnya mungkin terdengar gila obsesi yang terlalu besar pada tokoh di novel. Bagaimana jadinya seorang fans berat berubah menjadi malapetaka? Inilah yang terjadi pada Paul Sheldon(James Caan) sang penulis Chastain Misery yang mengalami kecelakaan dan ditolong oleh Annie Wilkes(Kathy Bates) yang mengaku sebagai fans berat Paul Sheldon, tentu Paul merasa beruntung seorang fans menolongnya. Namun, Annie yang baik dan humoris berubah menjadi 'gila' disuatu malam karena Paul membunuh karakter Misery di novel Misery diangkat dari novel Stephen King yang memang terkenal dengan tulisannya yang penuh misteri.

3. Norman Bates dari Psycho (1960)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

Selanjutnya, siapa yang tak kenal dengan Norman Bates? si pemilik Bates Motel yang awalnya dikenal pemalu itu memiliki kepribadiannya sendiri dan arwah ibunya di dalam dirinya. Psycho adalah salah satu film bertema psikopat terbaik yang pernah dibuat dan mampu membuat penonton merinding serta penasaran sebenarnya siapa Norman Bates sebenarnya.Terlebih, adegan kamar mandinya yang fenomenal dan dianggap sebagai adegan paling menyeramkan hingga sempat beberapa kali dikaji. Anthony Perkins berhasil memerankan tokoh Norman Bates yang memiliki gangguan psikis.

4. Jack Torrance dari The Shining (1980)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

"Here's Jooohny...!" adalah adegan yang sangat ikonik dari film ini. Diangkat dari novel yang lagi-lagi dari Stephen King berjudul sama dan digarap oleh sutradara kenamaan Stanley Kubrick. Bercerita tentang Jack Torrance yang mendapat pekerjaan baru sebagai caretaker di Overlook Hotel, tepat yang sangat terpencil bersama anaknya Danny(Danny Lloyd) dan istrinya Wendy(Shelley Duvall). Meski film ini sempat mendapat beberapa komentar negatif, terutama dari Stephing King, Jack Nicholson berhasil membangun karakter Jack yang sadis, brutal dan psikopat.

5. Dr. Hannibal Lecter dari The Silence of the Lambs (1991)

5 Tokoh psikopat di film yang berhasil bikin penonton merinding

Dan yang terakhir adalah The Silence of the Lambs karya penulis Thomas Harris yang berhasil menyabet piala Oscar. Film ini bercerita tentang detektif muda Clarice Starling(Jodie Foster) yang menangani kasus Dr. Hannibal Lecter(Anthony Hopkins), seorang psikopat yang sangat cerdik. Penonton dibuat merinding oleh gaya bicara Hannibal yang suka bermain dengan kata-kata dan mengorek masa lalu Clarice. Terlebih, betapa sadisnya ia membunuh korban dan memasukkan kepompong ke tenggorokan korbannya.

Dan... itulah beberapa tokoh psikopat di film yang berhasil membuat penonton merinding dari yang bisa ditebak hingga hal-hal tidak terduga yang terjadi di film hingga beberapa tokoh psikopat melekat dalam diri mereka. Gimana, tertarik buat nonton gak nih?