×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips melancarkan hidung tersumbat dengan metode pernapasan Buteyko

0

Kesehatan

Tips melancarkan hidung tersumbat dengan metode pernapasan Buteyko

Hidung yang tersumbat akan sangat mengganggu aktivitas. Berikut adalah cara mudah melancarkan pernapasan tanpa obat-obatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

farid febrian

26 / 09 / 2021 11:55

Napas adalah bagian kehidupan yang vital, tanpa napas dipastikan makhluk hidup akan mengalami kematian. Maka penting bagi kita untuk merawat organ pernapasan agar napas lancar, namun sering kali kita mengalami kondisi napas yang kurang lancar. Sebelum tips bagaimana agar napas menjadi lancar kita bahas dahulu penyebab hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa diakibatkan oleh infeksi, sinusitis, dan alergi. Penyebab lain tersumbatnya hidung adalah hyperventilation atau napas berlebih.

Napas berlebih biasanya diakibatkan oleh stres atau emosi yang berlebih, menangis tersedu-sedu, atau tertawa teerbahak-bahak. Hal tersebut mengakibatkan paru-paru terlalu banyak mendapatkan suplai oksigen yang berlebih, sehingga mekanisme paru-paru mengurangi oksigen bekerja secara otomatis dengan menghentikan pasokan oksigen ke dalam paru-paru dengan cara menyumbat hidung.

Tips berikut menggunakan metode pernapasan Buteyko, di mana metode Buteyko ini dicetuskan oleh Profesor Buteyko dari Rusia. Teknik ini menekankan pernapasan melalui hidung.

Selanjutnya, bagaimana tips melancarkan hidung tersumbat?

Loading...

@gobind vashdev

Pertama bernapaslah dengan normal, ketika mengembuskan napas hingga habis segera pencet hidung sebelum menarik napas, atau tahan napas dalam kondisi demikian sampai muncul keinginan untuk menarik napas.

Kedua setelah muncul keinginan untuk menarik napas tahan dahulu dan geleng-gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Setelah keinginan menarik napas semakin kuat lepaskan tangan dan hiruplah napas. Ulangi teknik ini hingga beberapa kali sampai napas kita benar-benar lega.

Teknik ini disampaikan oleh pakar pernapaan Buteyko Indoneesia, Gobind Vahsdev dalam unggahan di akun sosial medianya. Semoga tips ini bermanfaat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red