Sebagian wanita ingin tampil cantik sempurna. Salah satunya dengan memaksimalkan pemakaian makeup. Zaman sekarang makeup punya banyak variasi. Ada makeup natural, makeup ala apapun, dan sebagainya. Semua jenis makeup sama-sama bagus, tergantung seleranya masing-masing.

Saat bermakeup, banyak yang berharap agar tampilan wajahnya jadi bagus dan terlihat cantik. Akan tetapi, setelah di makeup, ada lho yang wajahnya jadi terlihat tua? Don't worry, ini tips yang tepat agar wajahmu terlihat muda.

1.Gunakanlah Foundation dan Bedak yang Tipis

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Foundation dan bedak merupakan sketsa yang paling pertama pada wajah. Fungsi dari foundation adalah menutup kekurangan pada wajah, seperti menyamarkan flek hitam, jerawat, kulit belang, dan noda pada wajah. Sedangkan fungsi dari bedak adalah agar wajah tidak terlihat berminyak secara berlebihan pada wajah.

Jika menggunakan foundation dan bedak secara berlebihan, wajahmu bukannyaterlihat semakin kece, tapi malah tambah tua. Kok bisa begitu? Ya, kalau dipakai dengan riasan yang tebal, itu bisa menyumbat pori-pori pada wajahmu dan garis kerutan pada wajahmu semakin tampak.

Gunakanlah seperlunya. Jangan terlalu tebal. Pilihlah foundation dan bedak yang warnanya sesuai dengan warna kulitmu. Minimal satu tone warna gelap dari warna kulitmu.


2. Pelembab Adalah Hal yang Utama

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Sebelum menggunakan makeup, alangkah baiknya terlebih dahulu memulaskan pelembab pada wajah. Tujuannya agar hasil make up menyatu dengan sempurna. Jika tidak memakai pelembab, langsung mengaplikasikan wajahmu dengan makeup, hasilnya kurang sempurna. Apalagi wajah dalam keadaan kering, malah mudah terkelupas.

Lain kali kalau makeup jangan lupa menggunakan pelembab ya! Agar wajahmu terlihat muda dan fresh.


3. Bentuklah Alis Senatural Mungkin

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Alis merupakan bingkai utama pada wajah. Tak ketinggalan alis juga dirias. Jika merias alis, sebaiknya hiaslah senatural mungkin. Nggak terlalu tebal, nggak terlalu tipis, agar tidak berkesan tua. Disarankan memilih warna cokelat, agar terlihat natural.


4. Kombinasikan Warna Agar Tidak Monoton

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Kesalahan yang sering terjadi saat makeup adalah menggunakan eye shadow, blush on, dan lipstick yang warnanya cenderung sama alias monoton. Padahal kalau monoton bukannya tambah muda, malah tambah tua. Cobalah aplikasikan pada wajahmu dengan warna yang bervariasi.

Misalnya jika sudah menggunakan lipstick dengan warna terang, pada pipi aplikasikan blush on dengan warna yang lembut, dengan adanya kesan terang-gelap, bukan monoton.


5. Jangan Menggunakan Eyeshadow Metalik

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Memang kalau menggunakan eyeshadow metalik seperti silver dan gold akan terlihat elegan. Namun perlu diketahui bahwa jika menggunakan eyeshadow metalik, garis-garis pada wajahmu akan terlihat dengan jelas dan tentunya wajahmu terlihat tua.

Cobalah aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lembut, misalnya soft pink, perpaduan jingga dan kuning, maupun cokelat muda, agar wajahmu terlihat lebih muda.


6. Sapukan Blush On Pada Tulang Pipi Bagian Atas

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Semakin bertambahnya usia, maka bagian-bagian wajah pun akan terlihat semakin menurun, salah satunya bagian pipi. Karena itu, kamu harus memulas blush on pada pipi dengan tepat. Caranya, sapukan blush on pada tulang pipi bagian atas dengan gerakan menyamping ke bagian luar (mengarah ke bagian atas telinga). Cara ini juga akan membuat wajah kamu tampak lebih tirus.

Pilihlah warna-warna yang cerah dan lembut seperti orange dan peach, yang akan membuat tampilan wajah kamu tampak fresh dan lebih muda.


7. Pakailah Eyeliner & Maskara Hanya Bagian Atas

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Menggunakanmaskaradan eyeliner pada mata bagian bawah akan membuat mata kamu jadi terasa berat sehingga membuatnya terlihat semakin turun dan kurang tegas. Cukup menggunakan maskara dan eyeliner pada bagian atas mata. Dengan cara ini, matamu terlihat semaikn fresh jika dipandang.


8. Bersihkan Wajah Secara Rutin

8 Tips makeup ini bikin wajah terlihat lebih muda

Debu, kotoran, polusi, dan sisa makeup pada wajahmu akan menumpuk dan menyumbat pada wajahmu jika kamu tidak membersihkannya secara rutin. Diusahakan cuci wajahmu secara rutin agar wajahmu tampak segar dan tentunya tampak terlihat muda. Disarankan mencuci wajah dan menghapus sisa make up sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah (Milk Cleanser dan Facial Tonic) tanpa berbahan alkohol, agar wajahmu tidak iritasi.