Pempek merupakan salah satu kuliner asal Palembang, Sumatera Selatan yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat di seluruh Nusantara.Makanan yang terbuat dari tepung sagu dan sedikit tepung terigu ini nikmat dan gurih dengan kombinasikan daging ikan tenggiri atau ikan belida yang sudah digiling halus.

Intip cara membuat cuka pempek yang kental dan gurih

Jika pempek digoreng, maka rasa makanan satu ini akan bertambah gurih dan nikmat untuk disantap. Namun jika pempek yang sudah enak tapi rasa cuka, cuko atau kuah pempek tidak enak maka akan merusak rasa si pempek dan membuat kesal penikmatnya.

Nah, disini akan diberikan tips cara membuat cuka pempek yang enak, gurih dan kental yang dapat mengimbangi rasa pempek enak. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama, giling bawang putih dan cabai rawit merah atau hijau.

Intip cara membuat cuka pempek yang kental dan gurih

Tak dapat dipungkiri bahwa bawang putih adalah perasa alami yang membuat sebuah masakan menjadi lebih enak dan gurih, tak terkecuali cuka pempek.Salah satu rahasia kenikmatan kuah pempek terdapat pada banyaknya bawang putih. Jika ingin rasa cuka maksimal perbanyaklah jumlah bawang putih, tapi juga jangan terlalu banyak.

Untuk satu mangkuk ukuran sedang bisa memakai 5 sampai 6 biji bawang putih. Sedangkan cabai bisa digunakan sesuai selera, jika ingin pedas masukkan 10-15 biji cabai rawit merah atau hijau.

Bawang Putih dan cabai kemudian digiling sampai halus. Untuk menambah rasa gurih pada cuka, masukkan udang kering atau ebi pada gilingan bawang dan cabai.

Langkah kedua, rebus gula merah dan asam jawa.

Intip cara membuat cuka pempek yang kental dan gurih

Langkah kedua dari membuat cuka adalah merebus gula merah sesuai kebutuhan. Untuk satu mangkuk bisa dipakai 2 buah gula merah ukuran sedang karena untuk menentukan kental atau tidaknya tergantung pada jumlah gula merah yang dipakai.

Supaya rasa asin lebih terasa masukkan garam secukupnya pada air rebusan di awal sebelum gula merah dimasukkan. Setelah air mendidih dan gula merah mulai meleleh baru masukkan gilingan bawang putih, cabai, dan ebi ke air rebusan gula merah.

Setelah gilingan bawang dan cabai tercampur, masukkan asam jawa sebanyak 50 gram dan jika ingin lebih ingin mendapat rasa masam, tambahkan lagi asam jawa atau cuka botol 1-2 sendok teh.

Rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Jika ingin lebih nikmat tambahkan tongcai (sayuran kering yang terbuat dari lobak yang direndam kecap asin sebelum dikeringkan) ke cuko pempek yang masih panas.

Intip cara membuat cuka pempek yang kental dan gurih

Setelah jadi, cuka pempek yang kental nan gurih siap disajikan dengan pempek yang kenyal dan nikmat. Selamat mencoba!