Setiap hari raya besar, khususnya sebentar lagi menjelang lebaran pastinya banyak orang yang akan mudik baik itu hanya disekitar kota tersebut hingga di luar kota dan pulau.

Ketika perjalanan mudik menuju kampung halaman pasti kalian akan banyak menemukan sesama pemudik yang memiliki tujuan sama namun dengan berbagai macam tingkah laku, sifat, kebiasaan hingga watak. Hmmm...mungkin saat kalian mudik, kalian bisa saja menemukan beberapa tipe dari pemudik di bawah ini:

1. Si manusia kardus

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source: arah.com

Ya, bawa buah tangan dari ibu kota untuk keluarga tercinta di kampung halaman yang jumlahnya hingga membentuk beberapa tumpukan kardus yang siap diboyong mudik udah jadi tradisi nih. Tidak hanya sampai disitu, beberapa barang pun tak luput untuk dimasukkan dalam kardus. Yang penting barang-barang yang dia bawa sampai di rumah dengan selamat. Masalah repot? itu mah urusan belakangan, ya gak?

2. Si rame-rame

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source:mysimpleadventure.wordpress.com

Mudik sendiri? Kurang seru mungkin ya mendingan rame-rame biar seru! Tipe seperti ini suka mengajak seluruh keluarganya yang ada di kota untuk mudik bersama ke kampung halaman atau bisa juga mengajak rombongan sesama karyawan yang memiliki kampung halaman yang sama alias mudik bareng. Saat berada di transportasi umum biasanya merekaakan ramai sendiri karena memang sudah kenal atau sudah dekat.

3. Si penyendiri

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source: vemale.com

Berbeda dengan si ramai, kalau ini tipe yang suka menyendiri karena terasa lebih menyenangkan daripada rame-rame atau ikut rombongan. Si penyendiri ini sangat menikmati perjalanannya dengan nyaman seperti melihat pemandangan alam yang dilewatinya tanpa harus diribetin oleh orang-orang disekitarnya.

4. Si selfie

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source: simomot.com

Mudik time! Waktunya selfie kapan pun dan dimana pun, nggak boleh terlewatkan setiapmomentanpa jepretan kamera. Kemudian upload ke sosmed buat meramaikan feeds 'mudik moment'. Mulai dari selfie sebelum berangkat mudik, merasa bosan bahkan jika melihat para pemudik lain yang tengah tertidur pulas menjadi sasaran empuknya untuk difoto.

5. Si penguasa tempat

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source: Rancah post

Pasti banyak dari kalian yang pernah mengalami hal ini termasuk saya. Seperti contoh kejadian saat saya mudik ke kota saya di Semarang menggunakan 'kuda besi' dimana saya duduk di kursi dekat kaca. Tak sampai satu jam saya mulai mencium aroma kurang sedap, kalau diibaratkan bau asam dan bau lapuk dijadikan satu. Ternyata penumpang dibelakang menaruh kakinya di sela samping kursi saya, so kalau saya tidur menghadap ke kanan jadilah muka saya berhadapan dengan kaki beraroma khas tersebut.

6. Si sok kenal sok dekat

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source: Loop

Yeap, meski dikenal ramah namun mengganggu kenyamanan selama perjalanan. Mulai melontarkan pertanyaan mudik kemana hingga pertanyaan yang sebenarnya pribadi. Bahkan ada yang tidak sungkan untuk meminta nomor kontak atau media sosial yang kalian punya. Perlu di waspadai ya guys.

7. Si pelupa

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

Pemudik seperti ini biasanya suka pelupa dan agak kurang melihat situasi, tipenya santai kayak di pantai sehingga saat sampai di kampung halaman ternyata banyak barang bawaan yang tertinggal. Bahkan mereka pun sampai nggak ngeh kalau tertinggal oleh rombongan keluarga atau saudara. Hayo ada nggak nih dari kalian?

8. Si tukang bungkus

8 Tipe-tipe pemudik saat pulang kampung, kamu termasuk?

image source:: Djangkaru bumi

Saat waktunya kembali ke ibu kota, inilah kesempatan besar untuk membungkus segala sesuatu yang ada di kampung halaman, mulai dari cemilan sisa lebaran hingga hasil panen yang ada di kebun rumah (ubi, singkong, buah-buahan). Pokoknya selama bisa dibawa, bungkuuussss!