Pernah gak sih kamu merasa tidurmu lebih nyaman kalau mendengar suara hujan? Atau pernah gak sih kamu mendengar dari orang-orang bahwa hujan bisa bikin kamu rileks dan bisa menghilangkan stress? Apakah memang benar sedahsyat itu efek dari hujan?

Ternyata, memang benar hujan bisa menyebabkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Hujan bisa membuat pikiran kamu tenang lho. Ini dikarenakan efek dari aroma yang ditimbulkan ketika hujan menyentuh tanah. Aroma ini dalam dunia ilmiah disebut dengan petrichor. Aroma inilah yang menjadi pemeran utama terlelapnya dirimu saat hujan. Petrichor akan mempengaruhi saraf-saraf di otak kamu sehingga pikiran bisa tenang.

Tak hanya aroma saja, ternyata suara rintik hujan pun ikut berpengaruh lho. Ritme rintik hujan yang cenderung konstan akan mempengaruhi pikiran kamu untuk fokus kepada suara tersebut, sehingga suara-suara lain yang mengganggu bisa terabaikan. Suara itulah yang membuat tubuhmu bisa menjadi lebih rileks dan membuat tidurmu makin lelap.

Tidurmu bisa lebih pulas kalau dengar suara hujan, kok bisa?

Para pakar juga menyarankan hal ini kepada para penderita Insomnia (susah tidur). Para penderita insomnia disarankan bisa mendengar suara hujan dengan jelas ketika hendak tidur. Jika cuaca sedang cerah, penderita dihimbau untuk mendengar rekaman suara rintik hujan agar membuat tubuhnya rileks dan bisa tidur dengan lelap.

Gimana, sudah jelas kan informasinya? Jadi jangan bingung lagi ya kalau ada temanmu yang ketiduran di kala hujan datang. Hehe..