The Rolling Stone mungkin mendunia, The Beatles apa lagi. Namun The Tielman Brothers? Siapakah mereka?

The Tielman Brothers, band rock pertama dunia asal Indonesia

Yup, The Tielman Brother. Mungkin banyak yang tak kenal pada sosok band rock satu ini. Memulai karir pada 1947, The Tielman Brothers merupakan band rock pertama dunia yang berasal dari Indonesia. Personelnya adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess.

Disebut sebagai perintis rock pertama dunia, The Tielman yang digawangi oleh Tielman bersaudara yaitu Andy, Reggy, Ponthon, dan Loulou menampilkan perpaduan musik Indonesia dan Barat yang memiliki akar di keroncong. The Tielman merupakan band rock Belanda-Indonesia yang berhasil menembus dunia internasional pada tahun 1950-an.

Dipercaya sebagai band yang lebih dulu mengenalkan rock dibanding The Beatles. Mereka selalu tampil dengan aksi yang atraktif nan menarik. Sang frontman, Andy Tielman bahkan dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix maupun Ritchie Blackmore.

Saat pemerintahan Presiden Soekarno, The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta. The Tielman Brother sendiri lebih terkenal di lingkungan Eropa, utamanya Belanda. Sementara di Indonesia, nama The Tielman Brothers masih menjadi sosok yang asing. Kenyataan yang miris untuk sebuah karya anak bangsa.