Sebagai pengguna sosial media seperti Instagram dan Facebook, tentunya kamu pernah melihat atau mendengar tentang hidangan yang berbalut emas. Ada berbagai macam hidangan berbalut emas yang populer seperti es krim, cupcakes, maupun jenis makanan lainnya. Namun, hanya orang-orang tertentu yang mau mencicipi makanan tersebut karena harganya yang fantastis. Seperti donat yang dibanderol dengan harga 100$ ini.

Tertarik mencicipi makanan berbalut emas? Baca dulu penjelasannya

Ataupuncupcake seharga 1000$ ini.

Tertarik mencicipi makanan berbalut emas? Baca dulu penjelasannya

Terlihat cantik dan mewah, kan? Kamu pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana ya rasanya? Amankah mengkonsumsi emas? Apa efeknya bagi tubuh?

Sebenarnya, lembaran emas (gold leaf) yang tak memiliki rasa ini telah lama digunakan sebagai hiasan yang dapat dimakan di berbagai jenis hidangan di Eropa.Tentunya emas yang digunakan bukanlah sembarang emas. Alexandra Oppenheimer, seorang penata diet di New York menyatakan, emas yang dapat dikonsumsi berkisar 23-24 karat dengan kandungan minimal 90% emas murni dan 10% sisanya berupa logam aman lain seperti perak murni.

Menurutnya, lembaran emas relatif aman dikonsumsi karena emas merupakan zat yang tak akan terurai dan terserap ke dalam sistem pencernaan dan peredaran darah, sehingga akan langsung dikeluarkan melalui kotoran. Tentunya hal tersebut tergantung dari ukuran dan jumlah emas yang dikonsumsi serta seberapa sering kamu mengkonsumsinya. Sejauh ini, belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa yang ditimbulkan oleh konsumsi makanan berbalut lembaran emas.

Setelah mengetahui fakta tentang lembaran emas, apakah kamu tertarik untuk mencicipi hidangan berbalut emas? Kamu tak perlu merogoh kocek hingga ratusan atau ribuan dolar untuk mencicipinya, karena ada es krim berbalut emas yang cukup terjangkau. Harganya dimulai dari 9$ seperti gambar berikut ini.

Tertarik mencicipi makanan berbalut emas? Baca dulu penjelasannya

Tapiingat, jangan lupa untuk membatasi jumlah emas yang kamu konsumsi ya!