Para Arkeolog memang tidak pernah berhenti memberi kejutan fakta unik untuk ilmu pengetahuan atau wawasan kita.Para arkeolog telah menemukan beberapa sepatu yang sangat tua di banyak bagian dunia. Beberapa sepatu berusia ribuan tahun dan dalam kondisi yang sangat baik. Di sini kami menyajikan beberapa sepatu tertua yang ditemukan di seluruh dunia dan seperti yang Anda lihat, beberapa di antaranya terlihat masih 'bagus'.

Inilah sneaker zaman dulu yang ditemukan oleh para Arkeolog.

1.The Areni-1 shoe.

Ini daftar sepatu tertua yang ditemukan Arkeolog

Sepatu tertua di dunia ditemukan di gua Armenia dan berusia sekitar 5.500 tahun. Itu lebih tua dari Piramida Mesir kuno dan Stonehenge. Dikenal sebagai sepatu Areni-1, sepatu seperti moccasin dikompresi di area tumit dan jari kaki, kemungkinan karena bermil-mil berjalan kaki. Namun, sepatu itu tidak pernah usang dan masih dalam kondisi sangat baik. Para periset dan perancang menekankan bahwa mengherankan betapa konsep sepatu ini menyerupai sepatu modern

2.Iceman tzis Shoes.

Ini daftar sepatu tertua yang ditemukan Arkeolog

Sepatu ini memiliki desain yang rumit. Bagian luarnya terbuat dari serat rumput, dan didalamnya berisikan jerami sebagaiin-sole dan kulit beruang sebagai lapisan dinding dalam sepatunya. Tidak ada keterangan usia sepatu ini, tapi diperkirakan memiliki usia ribuan tahun.

3.Theancient Greeks.

Ini daftar sepatu tertua yang ditemukan Arkeolog

Sandal tertua di dunia ditemukan pada tahun 1938 oleh Antropolog Luther Cressman di Fort Rock Cave, Oregon, Amerika Serikat. Cressman dan timnya menemukan lusinan sandal dan potongan sandal di dalam gua. Mereka ditemukan di bawah lapisan abu vulkanik, yang kemudian diidentifikasi berasal dari letusan Gunung Mazama. Cressman percaya bahwa sandal itu kuno, ketika serat sebagai bahan sandal itu sendiri berumur lebih dari 9.000 tahun. Sandal Fort Rock terbuat dari kulit kayu sagebrush yang diparut, dililit, dan dianyam.

4. (Tidak memiliki nama).

Ini daftar sepatu tertua yang ditemukan Arkeolog

Tidak ada satupun pihak yang memberi nama pada sepatu ini. Tapi tim Arkeolog menafsir sepatu ini berusia 1400 tahun. Sepatu yang ditemukan dikawasan Glacier, Kanada ini terbuat dari bahan kulit Rusa.

5. Sepatu di Kuil Luxor, Mesir.

Ini daftar sepatu tertua yang ditemukan Arkeolog

Pada tahun 2004 lalu, tim arkeologi Italia menemukan sepatu kuno yang sengaja disembunyikan di sebuah kuil Mesir.Dua pasang sepatu anak-anak pada gambar tersebut termasuk 2 di antara tujuh pasang yang ditemukan tersembunyi di sebuah guci yang ditempatkan di dalam rongga antara dua dinding bata lumpur di sebuah kuil di Luxor, situs kota kuno Thebes.Anehnya, sepatu itu diikat menjadi satu menggunakan tali serabut kelapa dan ditempatkan di dalam sepatu dewasa. Sepatu itu diperkirakan berasal dari luar negeri, karena mereka disembunyikan pada saat kebanyakan orang Mesir biasanya mengenakan sandal. Sepatu itu mahal dan dalam kondisi asli, setidaknya pada saat penemuan. Sayangnya, setelah mereka digali, sepatu menjadi sangat rapuh.

Siapa pemilik sepatu itu belum pernah ditentukan. Sepatu itu sangat mencolok pada saat itu. Jika Anda mengenakan sepatu seperti itu, semua orang akan melihat Anda, tulis asisten direktur Dr Veldmeijer dari Institut Belanda-Flemish di Kairo dan seorang ahli alas kaki Mesir kuno di Journal of American Research Centre di Mesir.

Unik juga ternyata melihat desain dan bahan sepatu-sepatu yang ada pada zaman kuno ribuan tahun silam.