Tren fashion memang selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Namun, Tak jarang juga sebuah tren fashion dapat bertahan lama sampai bertahun-tahun.

Walaupun memudar dan tak populer lagi, ada beberapa tren fashion yang masih tetap meninggalkan jejak sejarahnya tersendiri. Seperti 4 tren fashion yang mengubah sejarah di Jepang ini. Simak satu per satu ulasannya.

1. Lolita.

4 Tren fashion unik ini ternyata mengubah sejarah Jepang

Jika pernah melihat gadis-gadis di Harajuku terlihat seperti mereka baru saja melakukan perjalanan kembali dari abad ke-18 Prancis, kemungkinan kamu telah melihat Lolita's. Gaun mereka mirip dengan Marie Antoinette tapi lebih pendek cetakannya bervariasi dari cangkir teh sampai kuda dan bahkan salib, memakai warna pastel sederhana, namun hiasan, tas, sepatu, dan topi selalu mencolok. Mereka sering membawa boneka binatang juga.

Tren Lolita kembali di tahun 1987 ketika majalah mode populer Ryuko Tsushin pertama-tama menghubungkan nama L dengan tampilan Rococo yang unik, meskipun tidak diketahui mengapa mereka melakukannya. Ini secara bertahap dipopulerkan pada akhir 1990-an dan 2000-an oleh berbagai merek fashion, membangun tren sebagai kategori fashion resmi di majalah dan toko.

Ada tiga gaya Lolita utama, Classic Lolita, Sweet Lolita dan Gothic Lolita. Yang paling umum adalah Sweet Lolita, yang dikenal dengan gaunnya yang imut, warna pastel, dan motif cetak girly. Klasik Lolita, yang merupakan Lolita kedua yang paling banyak dipakai. Mereka mencari makeup semi-suppin, yang berarti make up wajah penuh, dan menempel pada warna gelap, motif antik, dan motif bunga. Riasan Sweet Lolita lebih simple, dramatis dan imut. Gothic Lolita, di sisi lain, memberi kamu tampilan vampy, dengan fokus pada warna hitam dan gelap. Goth menempel pada motif katedral, salib, dan lampu gantung untuk gaun mereka. Rias mereka bersandar ke kulit yang lebih pucat, dan tampilan gothic ditekankan oleh kontak putih atau hitam.

2. Gyaru.

4 Tren fashion unik ini ternyata mengubah sejarah Jepang

Gyaru adalah transliterasi bahasa Jepang dari kata bahasa Inggris "gal." Gaya ini timbul di tahun 1970-an. Sudah jarang pengguna fashion ini seperti pada hari-hari sebelumnya, jika kamu nongkrong di Shibuya 109, kamu masih bisa melihat beberapa orang menggunakan fashion ini.

Gyaru dikenal karena kulitnya yang kecokelatan, dihias kuku yang dihiasi, rambut besar, bulu mata, riasan dramatis dan tentu saja, tanda V yang terkenal, yang disebut "tanda perdamaian" di Jepang. Semuanya ditandai dengan berlebihan, rambutnya dihiasi dengan bulu, bunga, berlian, dan ditata dengan cara suji mori, sejenis gaya rambut dimana rambutnya bervolume dan didefinisikan dengan untai. Kuku tidak hanya memiliki berlian dan glitter tapi gantungan kunci dengan karakter anime.

Seperti Lolita dan gaya lainnya, tren ini memiliki beberapa subkategori berbeda, yang paling umum adalah hime gyaru (puteri gal), ganguro (wajah hitam), dan kogyaru (sekolah gal). Ganguro dibagi lagi menjadi dua kategori utama, yamanba dan banba. Yamanba dan ganguro biasanya ditandai dengan warna neon yang mencolok, lingkaran dicat putih di sekitar mata, rambut yang di warnai, kulit yang sangat kecokelatan dan garis-garis putih di area yang paling terang di wajah mereka, sedangkan hime gyaru dan kogyaru mengandalkan pakaian luar, namun rambutnya masih berwana ekstrem, volume dan riasan tebal.

3. Decora.

4 Tren fashion unik ini ternyata mengubah sejarah Jepang

Decora, yang berasal dari kata "hiasan", adalah gaya yang membawa Jepang dan negara lain mengalami badai. Meski memudar cukup cepat sebagai tren, jika Anda berjalan-jalan di jalanan Harajuku, Anda masih bisa menyaksikan orang-orang memakai fashion ini.

Meski terlihat sangat luar biasa, gaya Decora sebenarnya cukup mudah untuk dilepas kamu bisa mengenakan kemeja polos dengan hoodie dan rok pendek seperti tutu. Inti dari gaya ini sama dekoratifnya menghias tas, hoodies, kaus kaki, wajah, dan rambutnya.

Riasan Decora tebal, sering disertai dengan kontak berwarna hitam dan coklat, warna pelangi diterapkan sebagai eyeshadow, dan alis berkilauan dalam warna-warna cerah.

4. Visual-kei.

4 Tren fashion unik ini ternyata mengubah sejarah Jepang

Visual-kei adalah gaya busana yang unik yang bergandengan tangan dengan tren musik. Tren ini belum pernah padam, meski selama beberapa tahun terakhir ini telah sedikit lenyap.

Visual-kei pada awalnya terinspirasi oleh glam rock dan grunge barat yang didirikan pada tahun 1980an, meski menyebar secara besar-besaran pada tahun 90an dan 2000an. Tren ini dipopulerkan oleh band-band seperti X Japan, Buck-Tick, Luna Sea dan Glay, yang kemudian dikenal sebagai band "visual kei", yang sering ditandai dengan lensa kontak yang kontras, lipstik gelap, banyak tindikan, kontur yang berat dan feminitas yang dipaksakan, Meski sebenarnya tidak ada makeup standar untuk Visual-kei. Semuanya tergantung pada band dan tampilan yang mereka inginkan.

Seperti gaya lain dari generasi yang sama, karakteristik utama dari tren ini adalah ekspresinya. Meski tidak lagi menjadi tren populer, fashion ini tetap kuat di Jepang