×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tepi Fun Science, program eksperimen sains Taman Pintar Yogyakarta

0

N/A

Tepi Fun Science, program eksperimen sains Taman Pintar Yogyakarta

Program ini sebagai upaya untuk memberikan nuansa sains yang menggembirakan selama siswa belajar di rumah masing-masing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

09 / 05 / 2020 14:50

Kegiatan belajar di rumah yang dilakukan oleh para siswa sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 tentu menimbulkan kejenuhan di kalangan sebagian siswa. Oleh karena itu perlu media kreatif agar siswa bisa tetap belajar dan mengasah kreativitas selama berada di rumah. Salah satunya adalah dengan melakukan eksperimen sains yang seru, menyenangkan, dan dapat dilakukan bersama anggota keluarga yang lain.

Tepi Fun Science, program eksperimen sains Taman Pintar Yogyakarta

Sehubungan dengan hal tersebut, Taman Pintar Yogyakarta menghadirkan program Tepi Fun Science sebagai upaya untuk memberikan nuansa sains yang menggembirakan selama siswa belajar di rumah masing-masing.

Kepala Pengelola Taman Pintar Yogyakarta, Afi Rosdiana mengungkapkan, Program Tepi Fun Science ini terinspirasi dari banyaknya siswa yang masih bermain-main di luar rumah di masa social distancing dan physical distancing. Hal tersebut terjadi karena sebagian besar anak-anak  merasa  jenuh ketika harus terus menerus berada di rumah.

“Anak-anak adalah masa mereka mengeksplorasi segala hal yang ada di luar rumah. Ketika mereka diharuskan untuk terus menerus berada di dalam rumah tentu saja mereka jenuh. Karena itu, Tepi Fun Science ini kita hadirkan dengan tujuan agar anak-anak tetap dapat belajar sambal bermain sehingga tida merasa jenuh,“ ujar Afi kepada wartawan Selasa (5/4/2020) di ruang kerjanya.

Loading...

Afi menambahkan, kegiatan Tepi Fun Science ini mengajak para siswa khususnya anak-anak untuk berkreasi dengan bahan-bahan sederhana seperti pembuatan gerabah, melukis kaos, maupun kegiatan sains sederhana lainnya di rumah. Dengan demikian, selain bermain secara tidak langsung siswa juga mempraktikkan pengetahuan sains yang selama ini hanya dipelajari di sekolah atau dibaca lewat buku pelajaran.

Tepi Fun Science, program eksperimen sains Taman Pintar Yogyakarta

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Taman Pintar menyediakan berbagai kelengkapan praktik sains tersebut yang dikemas dalam paket-paket Fun Science Kit yang dapat diperoleh secara online melalui WhatsApp ke nomor hotline Taman Pintar dan aplikasi belanja Tokopedia.

Untuk Paket Kreasi Gerabah berisi tanah liat, gerabah, kuas, dan cat air yang mengajarkan untuk bekreasi sesuai imajinasi dan melatih motorik dengan membuat dan mewarnai gerabah hasil kreasi sendiri.

Sedangkan Paket Lukis Kaos berisi satu buah kaos dilengkapi dengan cat warna. Paket ini mengajarkan tentang hasil campuran tiga warna utama yaitu merah, kuning, dan biru yang dapat menghasilkan berbagai warna untuk melukis secara bebas di kaos sesuai kreativitas.

Sementara itu, Paket Hand On Science (HOS) berisi berbagai peralatan untuk demo sains sesuai dengan percobaan yang diinginkan seperti Dancing Haricot, Alami atau Buatan, Hujan Warna, Pemadam Api, Lada Kocar Kacir, Lava Timbul Tenggelam, dan Botol Peniup Balon. Setiap percobaan dilengkapi dengan penjelasan sainsnya dan dapat dipraktikkan dengan didampingi orang tua.

“Karena tujuannya sebagai sarana pendukung belajar anak-anak, maka paket-paket tersebut disesuaikan dengan keinginan anak-anak.“ Tandas Afi. (*/Sulistyawan)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red