Banyak orang mengatakan berwisata ke Bali sudah terlalu mainstream. Tapi tahukah kamu selain Kuta dan Legian yang selalu terkenal di mata publik, ternyata Bali menyimpan eksotisme yang menanti untuk dijelajahi lho. Salah satunya adalah daerah Bali Timur. Tempat wisata di Bali Timur ini juga tak kalah indahnya dengan tempat wisata lain di Bali.

Nah, jika kamu bosan dengan wisata di Bali yang monoton dan sering kamu kunjungi, kamu bisa mempertimbangkan tempat wisata yang ada di Bali Timur ini. Penasaran apa saja tempat wisatanya? Yuk simak artikel berikut.

1. Istana Taman Gili dan Kerta Gosa.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Istana yang dibangun pada tahun 1710 ini dirancang oleh Pangeran Dewa Agung Jampe I dari Gelgel. Struktur bangunannya merupakan perpaduan antara karakter Majapahit dengan pengaruh Hindu-Bali. Di sini kamu bisa melihat paviliun Kerta Gosa yang dahulu merupakan tempat pengadilan kerajaan. Keunikannya terletak pada eternit bangunannya. Terdapat lukisan wayang bergaya Kamasan yang menggambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis hukuman yang akan diterima jika melakukan kesalahan.

2. Pantai Pasir Putih Virgin Beach.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Pantai yang dikenal dengan nama Virgin Beach oleh turis asing ini merupakan sebuah pantai kecil yang sangat indah di daerah Candidasa. Nama aslinya adalah Pantai Perasi. Pantai ini terletak di antara desa Perasi dan desa Bugbug di kecamatan Karangasem, sekitar 30 menit dari Candidasa dengan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju pantai ini sedikit sulit, karena harus melewati hutan dengan ngarai-ngarai sempit. Tapi semua akan terbayar ketika kamu tiba di pantai ini.

3. Desa Bali Aga, Tenganan dan Trunyan.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Desa ini dihuni oleh keturunan pendatang dari Majapahit pada zaman dahulu. Satu desa terletak di dekat Candidasa, satu lagi di tepi Danau Batur. Kaum Bali Aga, begitulah mereka disebut, dianggap sebagai pemukim asli Bali.

Keduanya memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain. Desa Tenganan terlihat sederhana, namun penduduknya adalah yang terkaya di Bali. Mereka juga sangat welcome terhadap turis. Sementara Desa Trunyan lebih sulit dijangkau dan terisolasi dari kehidupan luar. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Trunyan. Namun, jika kamu cukup bernyali untuk melihat pohon Trunyan yang legendaris dengan tradisi penguburan mayat yang terus dijalankan hingga kini, silakan datang ke desa ini.

4. Istana Air Tirta Gangga.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Istana air atau water palace paling indah di Bali ini bisa kamu temukan di bagian utara Amlapura. Istana air ini memiliki beberapa kolam yang diliputi oleh taman-taman cantik yang dipenuhi aneka bunga, seperti penggambaran istana di cerita-cerita dongeng. Taman-taman ini dihiasi oleh kolam ikan dan banyak patung yang menambah eksotismenya. Sensasi berbeda dapat kamu rasakan di sana jika kamu berenang di kolam istana layaknya putra dan putri raja dari zaman dahulu. Setelah beberapa lama berenang, kamu akan benar-benar merasa seperti bangsawan.

5. Taman Ujung.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Taman Ujung yang terletak di ujung Amlapura ini dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1921. Pada waktu itu, istana ini benar-benar terawat seperti istana bangsawan dan kerap disebut miniatur Taj Mahal. Namun sayangnya, karena kurangnya perawatan yang memadai dan kerusakan akibat gempa di tahun 1979, istana ini kehilangan sebagian kemegahannya. Di sini kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan Bali Timur dari titik tertinggi yang dapat dicapai dengan tangga. Selain itu, bangunan istana putih dan jembatan di atas air bisa menjadi lokasi yang menarik untuk mengambil foto-foto keren.

6. Air Panas Toya Bungkah.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Di sini kamu bisa merasakan nikmatnya berendam air panas dengan panorama pegunungan sekitar yang mempesona. Pemandian air panas Toya Bungkah ini terletak di kaki Gunung Batur. Sensasi yang kamu dapatkan ketika mandi di Pemandian air panas yang berlatarkan pemandangan gunung nan megah dan danau nan cantik ini akan membuatmu merasa seperti raja!

7. Pantai Amed dan Tulamben.

7 Tempat wisata eksotis di Bali Timur yang tak kalah menawan

Amed dan Tulamben merupakan pantai berpasir hitam dengan panorama cantik menawan. Kontrasnya antara warna air yang biru jernih dengan pasir hitam, dengan jukung-jukung putih yang berbaris di bibir pantai, menambah eksotisme pemandangan di pantai ini. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi diving dan snorkeling terbaik di Bali loh!