×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

0

Gadget

Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

Kamu pasti pernah menggunakan teknologi QR code ini walau mungkin lupa sudah pernah menggunakannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

25 / 10 / 2020 09:28

Banyak hal kecil yang menjadikan hidup lebih mudah namun sering tidak terlalu diperhatikan, seperti QR code. Kebanyakan orang mungkin akan menjawab "QR code itu apa?" saat ditanya, namun akan berkata "Oh yang itu toh?" saat dijelaskan karena langsung tahu apa yang dimaksud dengan QR code. Jadi, memangnya apa sih QR code itu?

QR code merupakan sebutan singkat untuk program “Quick Response Code”. Program ini merupakan pengembangan dari program sebelumnya yang biasa disebut Barcode”.

Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

Barcode / Foto: eBesucher

Seperti Barcode, fungsi QR code sama yaitu sebagai media penyimpanan informasi yang bisa dibaca melalui alat pemindai atau scanner. Yang membedakan QR code dari metode sejenis seperti Barcode matrix adalah kemampuannya menyimpan lebih banyak data informasi, tracking capacity lebih akurat, serta bisa dibaca dari berbagai sudut dengan alat pemindai. Bahkan dari kamera smartphone sekalipun sebuah QR code dapat diakses secara mudah. Seperti misalnya di WhatsApp. Kamu bisa join ke sebuah grup WhatsApp dengan memindai/scan QR code yang dimiliki grup tadi melalui kamera smartphone. Pernah melakukannya, kan? Seperti itu kemudahan QR code dalam situasi dunia nyata.

Loading...

Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

QR code / Foto: NBC News

Awalnya teknologi ini diciptakan untuk memudahkan pendataan komponen di industri otomotif Jepang. Masahiro Hara dari perusahaan Denso Wave yang pertama menciptakan dan mengembangkan metode pengarsipan serta pelacakan komponen otomotif yang diberi nama QR code ini tahun 1994. Dalam perjalanannya QR code ternyata juga bermanfaat di area lain selain otomotif sehingga digunakan di banyak industri. Alih-alih menuliskan nama website, pemilik situs bisa menciptakan QR code yang mengandung informasi itu sekaligus informasi lain dari situs bersangkutan. Mudah, praktis, dan berkesan modern pula. Dari berfungsi sebagai pendataan supply otomotif era 90-an, QR code kini digunakan di berbagai sektor industri sehingga program ini akan terasa familiar karena pada satu titik pernah kita gunakan tapi kita lupa kalau itu adalah program QR code.

Dibandingkan program sejenis seperti Barcode matrix, sebuah QR code bisa menampung informasi dari lebih dari 200 kali lipat. Ini tentu saja efisien dalam praktiknya. Produsen tidak perlu menulis hingga 200 kalimat yang menerangkan informasi di satu permukaan; cukup memasukkan informasi-informasi tadi ke dalam QR code yang ukurannya hanya beberapa sentimeter saja. Normalnya sebuah QR code bisa berukuran sangat kecil (beberapa cm) hingga berukuran sangat besar (meter).

Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

Foto: Pageloot.Com

Fleksibilitas seperti ini sangat bermanfaat di berbagai sektor industri yang perlu menampilkan informasi sebanyak mungkin namun memiliki sedikit ruang untuk itu. QR code berukuran bujur sangkar dan memiliki beberapa standar namun semuanya dengan karakteristik serupa: petak bujur sangkar dengan tampilan hitam putih yang terlihat ‘abstrak dan tidak rapi’ dibandingkan Barcode matrix.

Teknologi QR code mendapatkan penghargaan IEEE Milestone Award

Foto: Free Pix

Atas pencapaiannya, bulan ini QR code mendapatkan penghargaan "IEEE Milestone" dari Institute of Electrical and Electronics Engineers yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini diperuntukkan bagi pencapaian-pencapaian di bidang elektronika yang berguna dalam kehidupan manusia.

Dalam sejarahnya, IEEE Milestone Awards dimulai sejak 1983 dan hingga 2019 sudah memberikan 207 penghargaan di berbagai lini elektronika. Denso sendiri sebenarnya dapat menghasilkan uang royalti jika mereka mematenkan desain QR code namun tidak dilakukan. QR code dapat digunakan gratis tanpa membayar royalti paten ke pihak Denso. Hal ini turut mengangkat citra dan mempercepat adaptasi QR code di berbagai bidang usaha dunia. Sehingga mulai dari industri otomotif, makanan, hingga social media advertisement semuanya menggunakan QR code untuk kepentingan mereka masing-masing.

Jadi nanti jika berurusan dengan kotak kecil hitam putih dengan motif aneh yang dijepret pakai kamera smartphone, kamu akan tahu kalau itu merupakan teknologi Jepang yang sudah berusia lama. Dan QR code masih akan berguna untuk waktu lama hingga nanti digantikan teknologi yang lebih baik lagi. Selamat atas penghargaan IEEE Milestone, QR code!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red